Breaking News

Optimalisasi Lahan di Ibu Kota, Warga Jakarta Boleh Bangun Rumah hingga 4 Lantai

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyosialisasikan Pergub RDTR di Balai Kota DKI, Rabu (21/9/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperbolehkan warganya untuk membangun rumah hingga empat lantai. Saat ini, warga Jakarta hanya diizinkan membangun rumah dengan tinggi dua lantai. 
 
Kebijakan ini sebagaimana aturan baru yang diterbitkan Anies. Aturan itu dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2022 Tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) wilayah perencanaan DKI Jakarta. 
 
"Sekarang untuk rumah tinggal akan dibolehkan sampai dengan 4 lantai di rumah-rumah tangga kita di Jakarta," ujar Anies saat menyosialisasikan Pergub RDTR di Balai Kota DKI, Rabu (21/9/2022). 

Anies juga menjelaskan kebijakan ini dikeluarkan sebagai upaya untuk mengoptimalisasi lahan di Ibu Kota. Ia juga berharap dengan rumah empat lantai itu bisa mendorong multi-family ownership dalam sebuah bangunan yang sama.

Lantaran selama ini, Anies kerap menemukan dalam satu keluarga memiliki anak hingga tiga orang, namun hanya memiliki lahan tempat tinggal di bawah 100 meter. Sehingga saat anaknya sudah tumbuh dewasa harus pindah atau menjual rumahnya. 
 
"Sekarang dia bisa nambahin ke atas, dia bisa sama-sama tinggal sama-sama dengan keluarganya. Kakek neneknya di bawah, anaknya dua di lantai 2, lantai 3, dan ada ruang bersama," jelasnya.
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu meyakini dengan kebijakan ini maka Jakarta tidak akan terlihat rata. ”Tapi kotanya bisa meningkat lebih tinggi penduduknya, punya nilai lahan yang lebih tinggi,” cetusnya juga. (tim redaksi)


#pemprovdkijakarta
#gubernurjakarta
#aniesbaswedan
#rumahempatlantai
#rumahkeluarga

Tidak ada komentar