Breaking News

OJK Sebut Masyarakat Indonesia Lebih Suka Pinjam Duit ke Pinjol Dibanding Bank, Ini Alasannya!

Ilustrasi (net)

WELFARE.id-Meski banyak bermasalah, nyatanya, masyarakat di era digital banyak yang lebih memilih pinjaman online untuk meminjam dana cepat dibanding perbankan. Banyak alasan kenapa mereka tergiur berpindah ke pinjol untuk meminjam modal. Meski mereka tahu suku bunga kredit di pinjol jauh lebih tinggi dibandingkan bank. 

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastomiyono menerangkan, maraknya masyarakat berpindah ke pinjol karena masyarakat tidak sesuai kriteria dalam meminjam uang di perbankan. 

Pasalnya, banyak persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi masyarakat jika meminjam uang di perbankan. "Jadi di nasabah ada yang disebut dengan namanya nggak bankable, memang nggak keterima di bank, bank kan ketat sekali," ujarnya dikutip Kamis (15/9/2022). 

Selanjutnya, tutur Ogi, dari riset yang dilakukan OJK, aksesibilitas jadi faktor utama masyarakat memilih pinjol. Jadi, dia menjelaskan, karena banyak yang tidak terlayani, maka akses paling mudah untuk meraih uang secara instan tanpa syarat yang meribetkan yaitu pinjol. 

"Kemudian yang umkm underserve juga lebih besar, jadi salah satu solusi inklusif bagi masyarakat yang belum bankable dan underserve, dilayani dengan ini, dari isu itu pricing tidak menjadi isu utama, tadi kecepatan tadi," tukasnya. 

Sebagai contoh, suku bunga dasar kredit di BRI per Juli 2022 sebesar 8,25 persen per tahun untuk kredit ritel dan kredit konsumsi KPR 7,25 persen dan non KPR 8,75 persen per tahun. Sedangkan di pinjol, hingga saat ini belum ada batasan maksimal suku bunga pinjaman. OJK saat ini menyusun agar suku bunga di pinjol bisa di kisaran 0,3-0,46 persen per hari atau 2,7 persen hingga 13,8 persen per bulan. 

Fintech peer to peer lending pada Juli 2022 terus mencatatkan pertumbuhan, dimana outstanding pembiayaan tumbuh sebesar 88,84 persen dibandingkan dengan Juli 2021 hingga mencapai Rp45,73 triliun. Saat ini juga terdapat 102 fintech p2p yang legal terdaftar di OJK. (tim redaksi) 

#pinjol
#danacepat
#masyarakatpilihpinjoldibandingbank
#ojk
#pinjollegal
#p2p

Tidak ada komentar