Breaking News

Musim Ular Kobra Bertelur, Warga Bogor Diminta Waspada

Ular kobra. Foto: Ilustrasi/ iStock

WELFARE.id-Bagi kamu yang tinggal di Bogor, Jawa Barat, harap berhati-hati. Pasalnya, bulan ini, adalah musimnya ular bertelur dan menetas.

Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor telah menangani 12 laporan warga terkait telur ular dalam bulan ini. Damkar pun mengimbau warga untuk berhati-hati.

Komandan Pleton (Danton) Rescue Dinas Damkar Kabupaten Bogor Diki Mutakin, 12 laporan dan langsung ditangani, berlangsung selama periode 1-11 September 2022. Kasusnya sama, penemuan telur ular kobra dan phyton. 

"Salah satunya ditemukan bersama telur-telurnya di Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor," kata Diki, dikutip Rabu (14/9/2022).

Komandan Regu 2 Rescue Dinas Damkar Kabupaten Bogor Muhammad Ridwan menambahkan, September 2022 hingga Januari 2023 adalah musim menetasnya ular. Senada dengan Diki, sambung dia, ular yang paling sering ditangani untuk dievakuasi ialah ular kobra.

"Yang paling sering dievakuasi jenis ular kobra. Bahkan sampai viral tiap tahunnya," ujarnya. Ridwan menjelaskan, ular kobra bisa bertelur sebanyak 25 hingga 30 butir di tempat-tempat bersuhu lembab. 

Seperti di pekarangan rumah, kamar, dapur, atap, lubang kloset, selokan, hingga sumur. Oleh karena itu, ia meminta warga untuk rajin membersihkan halaman rumah. 

Serta tidak membiarkan barang-barang tak terpakai menumpuk. Karena dapat mengundang hewan pengerat seperti tikus, yang menjadi satu penyebab ular masuk ke dalam rumah.

"Ular selalu mengikuti ke manapun sumber makanannya pergi. Dengan begitu, cara supaya ular tidak masuk rumah ialah dengan menjaga lingkungan tetap bersih," sarannya. (tim redaksi)

#musimularbertelur
#ularkobra
#ularphyton
#wargabogor
#udaralembab
#menjagakebersihan
#disdamkarkabupatenbogor

Tidak ada komentar