Breaking News

Mudah Lelah dan Cepat Marah, Mungkin Tubuh Kamu Kekurangan Vitamin D

Vitamin D. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Vitamin D kaya manfaat. Bukan hanya memperkuat tulang saja, tapi juga mendukung pertumbuhan dan regulasi sel.

Makanya, jika kamu sering merasa lelah karena pekerjaan dan terpapar polusi, bisa jadi karena kekurangan vitamin D. Melansir dari Good Housekeeping, Kamis (22/9/2022), vitamin D mudah larut dalam lemak yang penting untuk banyak fungsi tubuh.

Termasuk mempertahankan dan menyerap kalsium dan fosfor serta meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin D secara alami ditemukan di beberapa makanan dan ketika dikonsumsi berlebihan.

Vitamin D disimpan di dalam tubuh, ketimbang dikeluarkan melalui urin seperti banyak vitamin lainnya. Sayangnya, sebagian besar orang saat ini masih ada saja yang kekurangan vitamin D. 

Untungnya, selain dari makanan, vitamin D juga bisa berupa suplemen yang bisa langsung diminum. Terlepas dari itu, sebaiknya tubuh dari tiap individu memenuhi vitamin D demi kesehatan yang stabil. 

Selain itu, asupan vitamin D pun bisa memberikan manfaat lain selain menjaga kesehatan tulang. Bagi yang belum tahu, berikut ini enam manfaat vitamin D buat kesehatan:

1. Memberi energi

Jika terus-menerus lelah, mungkin kamu kekurangan vitamin D. Vitamin D berdampak pada fungsi mitokondria, bagian sel yang menghasilkan energi.

Sebuah studi pada 2016 menemukan, bahwa pengobatan vitamin D secara signifikan meningkatkan kelelahan pada orang sehat dengan kekurangan vitamin D. Studi lain menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dapat meningkatkan kelelahan pada penerima transplantasi ginjal.

2. Membantu meningkatkan mood

Orang dengan depresi biasanya memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Akan tetapi, beberapa penelitian menjelaskan bahwa kekurangan tidak selalu menyebabkan depresi.

Individu yang berjuang dengan depresi mungkin memiliki nafsu makan yang buruk, kurang perawatan diri dan lebih terisolasi, menempatkan mereka pada risiko kekurangan vitamin D.

Ini karena ketika menghadapi depresi, mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang cukup atau paparan sinar matahari (dari isolasi) untuk menjaga vitamin D pada tingkat yang sehat. 

Vitamin D telah terbukti meningkatkan produksi hormon serotonin "merasa baik", yang bertanggung jawab untuk pengaturan suasana hati dan mencegah tingkat kecemasan dan depresi yang tinggi. 

Satu studi kecil menemukan, bahwa suplementasi vitamin D pada wanita dengan diabetes tipe 2 meningkatkan suasana hati dan ada penurunan yang signifikan dalam depresi dan kecemasan. Namun, para ahli menyebut, perlunya penelitian lanjutan terkait hal tersebut.
 
3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung tetap menjadi penyebab kematian nomor satu. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan yang terbaik demi menjaga kesehatan jantung. 

Salah satunya seperti otot rangka, otot jantung diatur ketika vitamin D berinteraksi dengan reseptor vitamin D di dalam sel. Dalam hal tekanan darah, vitamin D mengatur tekanan darah dengan bekerja pada sel endotel dan sel otot polos.

Tidak hanya itu, vitamin ini pun memiliki peran utama dalam membantu memperkuat serat otot, melindungi jantung sebagai hasilnya. Selain itu, vitamin D dapat membantu menjaga arteri tetap fleksibel dan rileks, juga bermanfaat bagi tekanan darah.

Meskipun kekurangan telah dikaitkan dengan berbagai faktor risiko kardiovaskular, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan peran protektif vitamin D pada jantung.

4. Membuat tulang kuat

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Secara khusus, ini meningkatkan penyerapan kalsium di usus kecil dan merangsang diferensiasi osteoklas (sejenis sel tulang yang memecah jaringan tulang) dan reabsorpsi kalsium tulang.

Selain itu, vitamin D mempromosikan mineralisasi matriks kolagen di tulang. Peran vitamin D dalam penyerapan kalsium dan kesehatan tulang juga memperkuat gigi, menurunkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Jadi, sangat penting bagi anak-anak untuk memiliki jumlah vitamin D yang aman demi kesehatan tulang yang optimal selama tahap perkembangan tulang. Faktanya, anak-anak dengan kadar vitamin D rendah berisiko lebih tinggi terkena kondisi yang disebut rakhitis, yang menyebabkan kelemahan tulang dan kelainan bentuk tulang lainnya.

5. Mendukung kekebalan

Vitamin D menjaga sistem kekebalan dan berfungsi dengan sangat baik. Vitamin ini mengatur baik respon imun bawaan dan adaptif dalam tubuh dan berinteraksi dengan reseptor vitamin D pada sel-sel kekebalan dan mengatur aktivitas mereka.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit terkait kekebalan. Jumlah vitamin D yang cukup diperlukan untuk membantu melawan kuman penyebab penyakit seperti virus, bakteri, dan parasit. (tim redaksi)

#manfaatvitamind
#efekkekuranganvitamind
#badmood
#kelelahan
#mudahdepresi
#mudahdiseraptubuh
#penyakitkekebalan
 

Tidak ada komentar