Breaking News

Mengenal Penyakit Hernia yang Dialami Bayi Leslar Sampai Harus Operasi

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Kabar kurang menyenangkan datang dari pasangan selebriti Rizky Billar dan Lesti Kejora. Anak pertama mereka mengidap hernia dan harus menjalani operasi. 

Melalui sebuah unggahan di Instagram, Rizky Billar meminta doa dan dukungan untuk kelancaran operasi hernia yang akan dijalani anaknya, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar. "Mohon doanya agar operasi hernia Fatih dilancarkan," tulis Rizky Billar. 

Apa itu hernia? 

Hernia adalah tonjolan atau benjolan lunai di bawah kulit yang muncul karena organ atau jaringan tubuh mendesak otot yang melemah. Pada anak-anak, hernia sering terbentuk pada tempat tertentu. Di daerah selangkangan atau yang kerap disebut hernia inguinalis atau di sekitar pusar yang biasa dikenal dengan istilah hernia umbilikalis. 

Mengutip laman Cedars Sinai, bayi dapat mengalami hernia dalam beberapa bulan pertama kehidupannya. Kondisi ini terjadi karena kelemahan pada otot perut. 

Selama kehamilan, semua bayi memiliki area yang disebut kanalis inguinalis yang berjalan dari perut ke alat kelamin. Pada anak laki-laki, saluran ini memungkinkan testis bergerak dari perut ke skrotum, kantung yang menahan testis. 

Jenis hernia pada bayi terbagi menjadi dua yakni hernia inguinalis dan hernia umbilikalis. 

Hernia Inguinalis 

Dilansir dari Cleveland Clinic, hernia inguinalis adalah tonjolan yang muncul di selangkangan. Hernia ini muncul ketika usus bayi menonjol melalui dinding perut bayi. 

Hernia umbilikalis 

Dikutip dari Kids Health, hernia umbilikalis adalah hernia yang menonjol di pusar. Hernia ini muncul ketika bagian dari usus anak menonjol melalui dinding perut di dalam pusar. Itu muncul sebagai benjolan di bawah pusar. Hernia umbilikalis biasanya terjadi pada bayi laki-laki dengan kelahiran prematur. 

Hernia lebih sering terjadi pada anak dengan faktor risiko tertentu, berikut diantaranya: 

- terlahir lebih awal atau prematur,
- memiliki orang tua atau saudara kandung yang menderita hernia saat bayi,
- memiliki cystic fibrosis,
- memiliki displasia pinggul,
- anak laki-laki dengan testis tidak turun atau kriptorkismus, dan
- memiliki masalah dengan saluran kemih atau organ reproduksi. 

Gejala hernia 

Hernia diketahui sering terjadi pada bayi yang baru lahir. Namun, orang tua jarang menyadari adanya penyakit ini selama beberapa minggu atau bulan setelah anaknya lahir. 

Hernia inguinalis muncul sebagai tonjolan atau pembengkakan di selangkangan atau skrotum. Sedangkan hernia umbilikalis muncul sebagai tonjolan atau pembengkakan di daerah pusar. 

Dalam kedua kasus, pembengkakan mungkin lebih mudah dilihat ketika bayi menangis, batuk, atau mengejan untuk buang air besar. Hernia tersebut mungkin menjadi lebih kecil atau hilang ketika bayi dalam kondisi rileks. Benjolan ini dapat mengecil ketika didorong dengan lembut. 

Hernia inguinalis 

Gejala hernia inguinalis pada bayi dan anak, termasuk: 

• Nyeri dan ketidaknyamanan yang membaik dengan istirahat. 

• Berat atau tekanan di selangkangan mereka. 

• Skrotum bengkak. 

• Pembakaran di lokasi tonjolan. 

• Keengganan dan kesulitan makan pada bayi. 

Hernia umbikalis 

Sementara, tanda atau gejala utama hernia umbilikalis adalah benjolan yang terlihat di bawah kulit di sekitar pusar. 

Hernia bisa menjadi lebih besar dan lebih kecil: 

• Hernia bisa menjadi lebih besar ketika seorang anak melakukan sesuatu yang menciptakan tekanan di perut, seperti berdiri, menangis, batuk, atau mengejan untuk buang air besar. 

• Hernia bisa menjadi lebih kecil lagi ketika anak berbaring dan tenang. 

Diagnosis hernia 

Hernia inguinalis bisa didiagnosis melalui pemeriksaan fisik. Dokter akan mencari tonjolan di selangkangan atau skrotum anak Anda saat mereka menangis atau mengejan. Mereka akan menentukan apakah itu hilang saat anak Anda rileks atau tidak. 

Jika anak Anda cukup besar, penyedia Anda mungkin meminta anak atau bayi untuk berdiri atau batuk saat mereka mencari tonjolan. 

Mereka mungkin mencoba memijat hernia dengan lembut kembali ke tempatnya. Jarang, penyedia layanan kesehatan anak Anda dapat memesan tes seperti USG untuk mengkonfirmasi diagnosis. 

Hernia umbikalis 

Dokter mendiagnosis hernia umbilikalis dengan melihat dan merasakan benjolan atau pembengkakan di area pusar. 

Benjolan biasanya akan membesar saat bayi menangis dan mengecil atau hilang saat bayi rileks atau bersandar. 

Dokter mungkin dengan lembut mencoba memijat hernia kembali ke tempatnya yang tepat di perut. 

Hernia yang dapat dipijat kembali ke tempatnya disebut hernia "yang dapat direduksi". Ini menunjukkan bahwa usus tidak terjebak ("dipenjara") di pembukaan dinding otot. 

Untuk penyebab, hernia inguinalis adalah ketika kanal inguinalis tidak menutup sempurna. Kanalis inguinalis seharusnya menutup sebelum lahir, tetapi terkadang tidak menutup sepenuhnya. Kanalis inguinalis memanjang dari perut bayi hingga alat kelaminnya. 

Saat kanal inguinalis tidak menutup sepenuhnya, akibatnya meninggalkan lubang untuk usus anak untuk meluncur. Pada anak laki-laki, orangtua bisa melihat dan merasakan tonjolan atau massa abnormal di selangkangan atau skrotum anak Anda. 

Sedangkan hernia umbikalis, saat masih di dalam kandungan, janin memiliki lubang kecil di otot perut. Setelah lahir, lubang bukaan ini tertutup. Namun, terkadang otot tersebut tidak menutup sepenuhnya pada sebagian bayi. 

Dari bukaan kecil yang tersisa, sebagian usus dapat menyelinap ke dalam celah di atara otot perut yang belum menutup sempurna tersebut. Jenis hernia ini umumnya banyak diidap bayi yang lahir prematur. 

Pengobatan hernia 

Hernia inguinalis 

Pengobatan pada bayi atau anak jika sudah terdeteksi adanya hernia inguinalis adalah pembedahan atau operasi. 

Operasi biasanya memakan waktu kurang dari satu jam dan biasanya merupakan prosedur rawat jalan. Ini berarti anak Anda dapat pulang pada hari yang sama dengan prosedur. 

Hernia umbikalis 

Sebagian besar hernia umbilikalis tidak perlu dikhawatirkan, dan hilang tanpa perawatan medis pada saat anak berusia 4-5 tahun. 

Namun, pada kondisi tertentu hernia umbikalis bisa diobati dengan operasi hanya jika hernia tidak menutup pada usia 4 atau 5 tahun atau hernia menjadi terkurung (tidak dapat dengan mudah dikurangi). (tim redaksi) 

#hernia
#herniapadaanak
#herniainguinalis
#herniaumbikalis
#leslar
#healthy

Tidak ada komentar