Breaking News

Mengenal Kombucha yang Lagi Hype, Intip Dulu Manfaat dan Efek Sampingnya Sebelum Dikonsumsi

Kombucha. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Kombucha saat ini ramai dijual di media sosial, seperti Instagram. Sejumlah pedagang "scoby" dadakan bermunculan. Apa sih minuman kombucha ini?

Kombucha adalah minuman fermentasi yang manis dan bersoda. Terbuat dari ragi, teh, bakteri, dan gula. 

Campuran tersebut didiamkan selama beberapa waktu untuk fermentasi. Selama waktu itu, bakteri sehat dan asam terbentuk dalam minuman kombucha.

Setelah fermentasi selesai, ia menjadi berkarbonasi, itulah sebabnya minuman kombucha bersoda. Selain itu, asam dan bakteri dalam kombucha membentuk lapisan di atas cairan yang dikenal sebagai koloni simbiosis bakteri dan ragi, dikenal dengan sebutan "scoby"

Bakteri dalam kombucha mengandung bakteri asam laktat yang berfungsi sebagai probiotik yang sehat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat minuman kombucha yang harus kamu ketahui:

1. Bermanfaat untuk kesehatan usus

Kombucha kaya akan probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan menjaga komunitas mikroorganisme yang sehat di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, makan makanan yang kaya probiotik secara teratur dapat membantu orang dengan kondisi seperti diare, penyakit radang usus (IBD), dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

2. Kaya akan antioksidan

Salah satu manfaat kombucha yang paling menakjubkan adalah dikemas dengan antioksidan. Antioksidan adalah molekul alami yang efektif melawan radikal bebas dan menurunkan risiko berbagai penyakit akut dan kronis. 

Tentu saja, teh kombucha ini memiliki efek antioksidan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Sebuah penelitian mengungkapkan, minum teh kombucha secara teratur dapat mengurangi toksisitas hati untuk sebagian besar.

3. Menurunkan berat badan

Kombucha juga dipercaya dapat membantu meningkatkan metabolisme. Ini bukan minuman penurun berat badan ajaib yang bisa membuat berat badan kamu turun dalam semalam ya.

Tetapi jika mencoba menurunkan berat badan, kamu bisa memasukkan minuman ini ke dalam menu diet penurunan berat badan. Banyak jenis minuman kombucha yang mengandung teh hijau, dan itu adalah fakta yang diketahui bahwa teh hijau membakar lemak. 

Teh hijau mengandung senyawa bernama epigallocatechin-3-gallate yang meningkatkan metabolisme pada orang dewasa dan meningkatkan kehilangan lemak.

4. Kesehatan mental

Depresi dan probiotik mungkin memiliki hubungan. Sebab, kombucha adalah makanan kaya probiotik, ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. 

Depresi dan peradangan berjalan beriringan, jadi makan makanan yang kaya akan anti-inflamasi dapat membantu menjaga kesehatan mental dengan baik. Teh kombucha memiliki sifat antiinflamasi yang dapat menjaga kesehatan otak.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen probiotik membantu mengatasi depresi. Jadi, menambahkan kombucha ke dalam makanan atau minuman kamu dapat meningkatkan kesehatan mental.

5. Meringankan sembelit

Salah satu manfaat terbaik teh kombucha adalah menyeimbangkan bakteri baik di usus dan membantu meredakan masalah pencernaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 mengidentifikasi lactobacillus dalam minuman kombucha. 

Ini adalah salah satu jenis probiotik yang paling umum yang mampu mencegah infeksi dan peradangan pencernaan. Jadi, teh kombucha dapat memperbaiki gejala kembung, sindrom iritasi usus, sembelit, dan penyakit radang usus.

6. Mengurangi peradangan

Peradangan kronis dapat menyebabkan nyeri sendi, alergi, masalah usus, masalah pernapasan, penyakit jantung, dan sebagainya. Kombucha tidak mengobati penyakit, tetapi sifat anti-inflamasinya dapat membantu mencegah berbagai penyakit kesehatan. 

Teh yang digunakan untuk membuat kombucha mengandung polifenol yang mampu mencegah peradangan dalam tubuh. Itulah mengapa kamu harus menambahkan kombucha ke dalam makanan sebagai bagian dari rutinitas makan yang sehat.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ada hubungan langsung antara kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh. Usus kita membuat antibodi yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit, dan sebagian besar kekebalan tubuh kita ditemukan di usus. 

Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan usus secara keseluruhan sehat dan bahagia. Nah, kombucha ini memiliki bakteri fermentasi yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Menurunkan risiko infeksi

Salah satu manfaat kesehatan yang paling menakjubkan dari kombucha adalah dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Kombucha dibuat dengan proses fermentasi.

Selama proses tersebut terbentuk asam asetat yang memiliki sifat antimikroba. Sifat antimikroba ini mampu membunuh mikroba dan melawan bakteri. Jadi, minum teh kombucha dapat membantu menangkal bakteri dan mencegah infeksi.

Melansir PinkVilla, Kamis (1/9/2022), meskipun kombucha memiliki banyak manfaat, terutama karena merupakan minuman yang difermentasi, penting untuk berhati-hati saat proses fermentasi berlangsung. Karena, jika difermentasi terlalu lama, ia kehilangan nilai gizinya. 

Selain itu, jika tidak dibuat di lingkungan yang bersih dan higienis, kombucha bisa terkontaminasi dan bisa lebih berbahaya daripada kebaikan. Singkatnya, kontaminasi atau fermentasi berlebihan dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan. 

Jadi, jika Anda tidak tahu cara menyiapkannya, sebaiknya belilah kombucha dari toko terdekat. Selain itu, sebagian besar minuman kombucha sarat gula. 

Terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dapat berdampak negatif pada kesehatan. Ini dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi, kadar kolesterol, dan penambahan berat badan. 

"Jika Anda membeli kombucha dari luar, pastikan untuk membaca label dan memilih merek yang mengandung gula tambahan di bawah 4 gram per porsi," tulis PinkVilla.

Efek samping kombucha

Walaupun beberapa kelompok mengatakan teh ini berdampak baik untuk kesehatan, melansir Hellosehat, Kamis (1/9/2022), di lain sisi, meminumnya ternyata dapat menimbulkan berbagi dampak kurang baik untuk tubuh seperti sakit perut, infeksi, hingga reaksi alergi.

Pada orang yang sehat, mengonsumsi teh ini bisa menimbulkan sakit perut, infeksi akibat bakteri yang ada pada teh, alergi, permukaan kulit menguning, mual, muntah, sakit kepala. Sementara itu, pada orang yang sensitif serta sistem pertahanan tubuhnya rendah, seperti penderita HIV/AIDS, mengonsumsi teh ini akan semakin membuat pertahanan tubuhnya menurun akibat terinfeksi bakteri.

Bahkan, ada laporan bahwa di Iran terdapat 20 orang yang terkena penyakit antraks akibat minum teh ini. Bahkan pada 1995 Center for Disease Control mengeluarkan pernyataan bahwa teh ini merupakan penyebab dari asidosis metabolik yang muncul pada sekelompok wanita.

Asidosis metabolik merupakan keadaan di mana darah terlalu banyak mengandung asam, karena mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung asam, seperti pada teh jenis ini. Selain itu, penggunaan teh jenis ini harus diperhatikan dan diawasi untuk penderita penyakit tertentu, seperti penderita diabetes, alkoholism, dan sindrom iritasi usus.

Pada penderita diabetes, mengonsumsi teh jenis ini bisa mempengaruhi gula darah, hingga menyebabkan penurunan kadar gula darah dalam tubuh (hipoglikemia). 

Teh kombucha juga tidak cocok jika dikonsumsi orang yang sedang mengalami penyakit diare dan penderita sindrom iritasi usus besar (IBS), karena teh ini mengandung kafein yang cukup banyak dan hal ini dapat memperparah gejala yang ada. 

Jadi sebaiknya, tetap konsultasikan dulu ke dokter pribadi kamu sebelum mengonsumsi kombucha, ya. (tim redaksi)

#kombucha
#scoby
#tehfermentasi
#beragi
#manfaatkesehatan
#efeksamping

Tidak ada komentar