Breaking News

Mendekati Tenggat, 37 Bank Belum Penuhi Ketentuan Modal Inti Rp3 T

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sebanyak 37 bank umum belum memenuhi ketentuan modal inti sebesar minimal RP 3 triliun. Perinciannya, 24 bank umum dan 13 bank pembangunan daerah (BPD) yang sedang dalam proses konsolidasi maupun pemenuhan modal inti minimum. 

Berdasarkan Peraturan OJK (POJK) 12 Tahun 2020, bank umum harus memenuhi ketentuan tersebut pada akhir 2022, sedangkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) memiliki tenggat satu tahun lebih lama, yakni pada 2024. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae mengatakan, sesuai POJK tentang konsolidasi bank umum, dalam pemenuhan skema konsolidasi, bagi bank yang memiliki modal inti di bawah Rp 3 triliun dapat membentuk kelompok usaha bank (KUB) dalam hal rencana penggabungan, peleburan, atau integrasi bank. 

Di tahun ini ada empat yang tengah dalam proses membentuk kelompok usaha bank (KUB). “Sampai dengan tahun 2021, sudah ada 10 yang KUB. Kemudian di 2022 ini ada empat yang sedang proses. Jadi dua sudah disetujui, masih dua lagi sedang diproses,” ujarnya dalam konferensi pers terkait industri perbankan, Selasa (6/9/2022). 

Dian menyampaikan, saat ini seluruh bank umum telah menyampaikan rencana tindak pemenuhan modal inti minimum melalui rencana bisnis bank. Sesuai skema konsolidasi sebagaimana diatur pada POJK KUB, terdapat lima skema konsolidasi bagi bank umum dengan modal inti kurang dari Rp3 triliun. "Kami optimis target ini tercapai, sebanyak 13 BPD masih dalam proses konsolidasi dan pemenuhan modal. Kami akan terus dorong konsolidasi. Apakah jika tidak tercapai akan kami downgrade ke BPR? belum final dan masih dibicarakan," tukasnya. 

Lima skema tersebut yaitu penggabungan, peleburan atau integrasi (P/P/I); pengambilalihan yang diikuti P/P/I; pembentukan KUB terhadap bank yang telah dimiliki; pembentukan KUB karena pemisahan (spin off) unit usaha syariah (UUS); pembentukan KUB karena pengambilalihan. (tim redaksi) 

#ojk
#bank
#bankumum
#bankpembangunandaerah
#modalintirp3t

Tidak ada komentar