Breaking News

Mayoritas Sampah Rumah Tangga, 400 Ton Sampah setiap Hari Dibuang ke TPA Cipeucang

Sebuah alat berat melakukan perataan sampah yang dibuang di TPA Cipeucang. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Sampah warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) cukup banyak. Setiap hari, 400 ton sampah ditampung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang berlokasi di Kecamatan Serpong. 

Mayoritas sampah yang masuk ke TPA Cipeucang itu merupakan sampah keluarga dan plastik. Seiring penghentian sementara pengiriman sampah ke TPA Cilowong, Kota Serang, lahan seluas 0,8 hektare di landfill 3 TPA Cipeucang menampung ratusan ton sampah warga Kota Tangsel tersebut.

Kepala UPT Cipeucang M Firdaus mengatakan, saat ini TPA Cipeucang melakukan pemadatan menggunakan alat berat di landfill agar pengiriman sampah bisa muat di TPA Cipeucang.

"Selain pemadatan, kami juga ada upaya pengelolaan sampah yaitu komposter budidaya maggot. Tapi itu skala kecil lah," katanya Firdaus Kamis (1t/9/2022).

Dia juga mengatakan, saat ini pihak Pemkot Tangsel sudah melakukan kerjasama pembuangan sampah ke TPA Lulut Nambo, Kabupaten Bogor. ”Tapi belum jalan, karena di sana belum siap," ujarnya juga. 

"Itu kan TPA Lulut Nambo baru, jadi masih banyak persiapan. Harapannya sih bisa dilakukan pengiriman pembuangan sampah lagi ke TPA Cilowong," ujar Firdaus juga. 

Firdaus juga menjelaskan, permasalahan sampah di Kota Tangsel butuh kepedulian masyarakat.

Menurutnya, hal sederhana bisa dilakukan setiap rumah tangga di Kota Tangsel untuk membuang sampahnya. 

Seperti memilah sampah atau mendaur ulang sampah yang dihasilkan rumah tangga melalui kegiatan kreatif. Agar tidak semua sampah dibuang ke TPA Cipeucang. 

"Kami juga ada TPS-3R di setiap kecamatan. Rencana ke depannya, bagaimana mengembangkan apa yang ada di sini (TPA Cipeucang), bisa ada di setiap TPS-3R," katanya lagi.

Firdaus juga menjelaskan, sampah yang masuk ke TPA Cipeucang seharusnya sampah residu karena sudah dipilah di rumah tangga dan TPS-3R yang ada di setiap kecamatan,” paparnya juga. 

Selain kerjasama dengan TPA di daerah lainnya untuk pembuangan sampah, pihaknya merencanakan pembuatan PLTSA Cipeucang agar sampah bisa bermanfaat yakni  dijadikan listrik. (tim redaksi)


#sampah
#tempatpembuanganakhir
#tpacipeucang
#kotatangsel
#kecamatanserpong
#pemkottangsel

Tidak ada komentar