Breaking News

Makin Mesra, Beijing : Tiongkok dan Rusia akan Membangun Tatanan Dunia Lebih Adil

Pemimpin Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin 

WELFARE.id-Diplomat senior Tiongkok menyatakan, Beijing siap membentuk tatanan internasional bersama dengan Rusia. Pernyataan itu muncul menjelang pertemuan Pemimpin Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin pekan ini. 

Dua negara komunis ini merupakan sekutu Perang Dingin. Moskow dan Beijing makin dekat dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari apa yang mereka sebut hubungan "tanpa batas" yang bertindak sebagai penyeimbang dominasi global Amerika Serikat. 

"Di bawah arahan strategis Presiden Xi Jinping dan Presiden (Vladimir) Putin, hubungan antara kedua negara selalu bergerak maju di jalur yang benar," kata Kepala Urusan Luar Negeri Partai Komunis Yang Jiechi kepada duta besar Rusia untuk China Andrey Denisov seperti dikutip dari CNA, Rabu, (14/9/2022). 

Kementerian Luar Negeri Tiongkok merujuk pada pernyataan Yang Jiechi. Ia mengatakan, Tiongkok bersedia bekerja dengan Rusia untuk terus menerapkan semangat kerja sama strategis tingkat tinggi antara kedua negara. "Demi menjaga kepentingan bersama kedua belah pihak, dan mempromosikan pengembangan tatanan internasional ke arah yang lebih adil dan rasional," kata Kemlu Tiongkok. 

Menanggapi kabar tersebut, Denisov memuji hasil yang bermanfaat dari hubungan bilateralnya. Rusia telah berusaha meningkatkan hubungan dengan negara-negara Asia, khususnya Tiongkok, sejak terkena sanksi Barat atas invasinya ke Ukraina. 

Beijing tidak mengutuk intervensi Moskow di Ukraina, dan memberikan perlindungan diplomatik dengan mengecam sanksi Barat dan penjualan senjata ke Kyiv. Sikap Negeri Tirai Bambu ini memicu eskalasi ketegangan pihaknya dengan Barat. 

Putin dan Xi akan bertemu di Uzbekistan minggu ini, di sela-sela pertemuan puncak negara-negara regional. Beijing dan Moskow belum menyampaikan kapan tepatnya kedua pemimpin akan bertemu. Namun, Xi dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Kazakhstan pada Rabu, 14 September 2022. 

Pekan lalu, legislator top Beijing Li Zhanshu menjadi politisi Partai Komunis berpangkat tertinggi yang melakukan perjalanan ke Rusia sejak invasi Ukraina. Li dalam kunjungannya memuji tingkat kepercayaan dan kerja sama yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Moskow dan Beijing. (tim redaksi) 

#beijing
#tiongkok
#rusia
#xijinping
#vladimirputin
#tiongkokrusia

Tidak ada komentar