Breaking News

Makin Diminati, Tabungan Emas di Pegadaian Capai 7,17 Ton

Ilustrasi (net)

WELFARE.id-Seiring berjalannya waktu, kebutuhan manusia pasti akan terus meningkat, ditambah lagi usia kita yang berjalan. Baik pekerja kantoran atau pengusaha sama-sama akan memasuki masa pensiun. 

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi serta semakin banyak jenis investasi yang bisa kita ikuti seperti logam mulia, deposito, saham, reksadana, dan masih banyak lagi jenis investasi yang bisa kita pilih sesuai dengan minat dan kebutuhan kita. 

Emas termasuk dalam kategori logam mulia, merupakan jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan. Memang harga emas bisa turun tapi itu saat periode tertentu saja, untuk jangka panjang logam mulia ini nilainya akan terus bertambah. Ini dibuktikan oleh PT Pegadaian (Persero), yang mencatat adanya pertumbuhan pada jumlah titipan pada produk tabungan emas di tengah inflasi dan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Vice President of Corporate Communication PT Pegadaian Basuki Tri Andayani menjelaskan, jumlah titipan tabungan emas nasabah per Juli 2022 mencapai 7,17 ton. Angka tersebut naik 6,78 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp6,57 ton. "Saya pikir tabungan emas masih diminati masyarakat," ujarnya, dikutip Jumat (9/9/2022). 

Ia menambahkan, tabungan emas masih diminati masyarakat sebagai alternatif investasi. Tujuan tabungan emas biasanya untuk melindungi aset. Meskipun demikian, jumlah nasabah yang memiliki tabungan emas justru melandai. Sampai Juli 2022, Pegadaian mencatat, nasabah tabungan emas mencapai 5,39 juta orang. Angka tersebut turun 2,17 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 5,51 juta nasabah. 

Untuk terus menggenjot kinerja tabungan emas, Basuki memaparkan, Pegadaian akan terus memperluas akses melalui keagenan. 

Selain itu, Pegadaian akan memperkuat layanan gabungan bersama BRI dan PNM di sentra layanan ultra mikro. "Juga mengoptimalkan aplikasi Pegadaian Digital," katanya. 

Sebagai informasi, Tabungan Emas sendiri merupakan suatu produk yang diluncurkan Pegadaian untuk memfasilitasi kebutuhan investasi masyarakat, dengan model bisnis beli dan titip emas yang dapat diakses oleh masyarakat dengan pembelian minimas 0,01 gram. Produk investasi itu bisa diakses oleh setiap orang, dengan cara menyetorkan uang tunai dalam jumlah berapa pun yang nantinya akan dikonversi ke dalam gram emas batangan sesuai dengan harga terbaru emas 24 karat yang berlaku. (tim redaksi) 

#tabunganemas
#emas
#emaspegadaian
#pegadaian
#emas7ton

Tidak ada komentar