Breaking News

Longsor, Jembatan yang Menghubungkan Dua Desa di Bogor Ambles

Jembatan di Desa Babakan Madang Ambles (ist) 

WELFARE id-Bencana kembali terjadi di bumi Pasundan. Jembatan sepanjang 30 meter yang menghubungkan dua kampung di Desa Babakan Madang, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ambles, pada Kamis (22/9/2022) pagi. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bogor melaporkan, tanah longsor menjadi penyebab amblesnya jembatan tersebut. 

"Akibat debit air Sungai Cibongas yang cukup tinggi sehingga mengikis bibir sungai dan menyebabkan jembatan dengan ukuran panjang 30 meter dan lebar 4 meter penghubung dua kampung antara Cicadas-Babakan Madang ambles," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani dikutip Jumat (23/9/2022). 

Jembatan yang membentang di atas Sungai Cibongas itu ambles secara perlahan pada Kamis pukul 07.15 WIB. Ada pun bagian jembatan yang ambles itu berada di bagian depan. 

Akibatnya, akses masyarakat di wilayah itu terputus. Kini, jembatan yang ambles itu sudah dipasangi pembatas jalan dan garis polisi. 

Adam memastikan, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat kejadian tersebut. "Situasi saat ini warga yang menggunakan akses jembatan tersebut sudah dialihkan ke jalur alternatif melalui Jalan Puncak Dua lingkar Babakan Madang," katanya. 

Sementara itu, Kapolsek Babakan Madang Kompol Ricky Wowor mengatakan, pihaknya bersama Forkopimcam sudah berkoordinasi dan melaporkan kejadian itu pihak terkait untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. "Saat ini jembatan itu tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat ataupun roda dua," tukasnya. 

Ricky mengimbau, masyarakat untuk tidak mendekat ke area jembatan tersebut. Sebab, dikhawatirkan terjadi longsor susulan. "Kami juga sudah memberikan bantuan sosial bagi masyarakat sekitar dan sudah diberikan bantuan truk untuk akses bagi anak sekolah," pungkasnya. (Tim redaksi)

#bogor
#jembatanambles
#desababakanmadang
#sungaicibongas
#bpbd

Tidak ada komentar