Breaking News

Liz Truss, Resmi Gantikan Boris Johnson Jadi PM Inggris

Liz Truss, PM Inggris yang baru (net) 

WELFARE.id-Sosok Liz Truss tengah menjadi sorotan usai terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris baru menggantikan Boris Johnson. Ia memenangkan pemilihan ketua Partai Konservatif dan akan menjadi PM Inggris secara resmi pada hari Selasa (6/9/2022). 

Liz Truss telah memenangkan kontestasi kepemimpinan Partai Konservatif melawan Rishi Sunak dalam pemungutan suara. Sebelumnya, dilansir AFP, Senin (1/8/2022), pemungutan suara untuk mencari PM Inggris baru telah dilakukan dengan mengirimkan surat suara kepada anggota partai Konservatif. Kandidat pengganti Boris Johnson itu ada Liz Truss dan Rishi Sunak. 

Liz Truss akhirnya memenangkan pemungutan suara daripada Rishi Sunak. Berikut informasi lebih lanjut tentang PM baru Inggris, Liz Truss 

Dilansir Reuters, Liz Truss keluar sebagai pemenang menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru dengan mengantongi 81.326 suara. Sementara, Rishi Sunak harus kalah dengan 60.399 suara. 

Dengan terpilihnya Liz Truss sebagai PM baru Inggris, Boris Johnson rencananya akan melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk bertemu Ratu Elizabeth untuk secara resmi mengajukan pengunduran dirinya. Liz Truss juga akan menemui Ratu Elizabeth untuk menyampaikan pembentukan pemerintahannya 

Lantas, siapa Liz Truss? Dilansir BBC, berikut pemaparan biodata Liz Truss yang memuat riwayat pendidikan dan karier politiknya. 

• Nama lengkap: Mary Elizabeth Truss 

• Usia: 47 tahun (lahir tahun 1975) 

• Tempat lahir: Oxford 

• Rumah: London dan Norfolk 

• Pendidikan: Roundhay School di Leeds, Universitas Oxford 

• Keluarga: Menikah dengan akuntan Hugh O'Leary, memiliki dua putri remaja 

• Konstituensi parlementer: Norfolk Barat Daya 

• Jabatan sebelumnya: Menteri Luar Negeri Inggris 

• Jabatan sekarang: Perdana Menteri Inggris 

Masa kecil Liz Truss 

Pada usia tujuh tahun, Liz Truss pernah memerankan sosok Margaret Thatcher dalam sandiwara pemilu di sekolahnya. Namun tidak seperti sang perdana menteri, yang memenangkan suara mayoritas pada tahun 1983, ia kalah dalam pemilihan tersebut. 

Tiga puluh sembilan tahun kemudian, Liz Truss menyabet kesempatan untuk benar-benar mengikuti jejak sang Iron Lady dengan menjadi pemimpin Partai Konservatif dan perdana menteri Inggris. 

Pemilik nama lengkap Mary Elizabeth Truss ini lahir pada tahun 1975 di Oxford. Truss menyebut ayahnya, seorang profesor matematika, dan ibunya, seorang perawat, sebagai orang-orang berpaham "kiri". 

Pada saat Truss kecil, ibunya ikut serta dalam pawai Campaign for Nuclear Disarmament, organisasi yang keras menentang keputusan pemerintah Thatcher untuk memberi izin pemasangan hulu ledak nuklir AS di RAF Greenham Common, wilayah barat kota London. 

Ketika berusia 4 tahun, Liz Truss dan keluarga pindah ke Paisley, tepat di sebelah barat Glasgow. Keluarga Truss kemudian sempat pindah ke Leeds, tempat Truss bersekolah di Roundhay, sekolah menengah negeri. 

Liz Truss berhasil masuk Universitas Oxford. Di universitas itu dia belajar filsafat, politik, dan ekonomi serta aktif dalam politik mahasiswa, awalnya untuk Partai Demokrat Liberal. Pada konferensi partai tahun 1994, Liz Truss berbicara mendukung penghapusan monarki. 

Pada saat di Oxford, Liz Truss pindah ke partai Konservatif. Setelah lulus, dia bekerja sebagai akuntan untuk Shell, dan Cable & Wireless. Liz Truss lalu menikah dengan sesama akuntan Hugh O'Leary pada tahun 2000 dan memiliki dua anak. 

• Pada pemilihan umum 2001, Liz Truss mencalonkan diri sebagai kandidat Tory untuk Hemsworth, Yorkshire Barat, tetapi kalah. 

• Pada tahun 2005 dia menderita kekalahan lain di Calder Valley, juga di West Yorkshire. 

• Pada tahun 2006, Liz Truss akhirnya terpilih sebagai anggota dewan di Greenwich, London tenggara. 

• Sejak tahun 2008, dia juga bekerja untuk lembaga kajian berpaham kanan-tengah Reform. 

• Pada 2012, lebih dari dua tahun setelah menjadi anggota parlemen, Truss bergabung dengan pemerintahan sebagai menteri pendidikan. 

• Pada tahun 2014 dipromosikan menjadi sekretaris negara untuk urusan lingkungan. 

• Di bawah perdana menteri Theresa May, Truss menjabat sebagai menteri kehakiman, sebelum pindah ke kementerian keuangan sebagai kepala administrasi. 

• Pada tahun 2019, ketika Boris Johnson menjabat perdana menteri, Liz Truss ditempatkan sebagai menteri perdagangan internasional. 

• Tahun 2021, pada usia 46 tahun, dia pindah ke salah satu pekerjaan paling senior di pemerintahan, mengambil alih jabatan Dominic Raab sebagai menteri luar negeri. 

• September 2022 ini, Liz Truss berhasil memenangkan pemungutan suara menjadi PM baru Inggris menggantikan Boris Johnson. (tim redaksi) 

#pminggris
#pminggrispenggantinborisjohnson
#liztruss
#partaikonservatif
#inggris

Tidak ada komentar