Breaking News

Lima Kerajinan Khas Banten yang Dibuat secara Handmade

Golok produksi Ciomas, salah satu kerajinan tangan khas Banten. Foto: net

WELFARE.id-Provinsi Banten punya banyak destinasi wisata alam dan budaya. Unggulan pariwisata provinsi yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota DKI Jakarta itu adalah pantai dan suku badui. 

Selain itu juga, kerajinan khas daerah Banten menjadi daya tarik terutama bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Kerajinan asal Banten memiliki ciri khas tersendiri karena dibuat dengan tangan langsung oleh penduduk setempat atau handmade.

Tapi dari semua itu, karya kerajinan tangan yang dibuat oleh warga Badui paling diminati. Jadi jangan heran bila wisatawan datang ke sana akan membeli oleh-oleh khas suku terasing yang hingga kini masih mempertahankan tradisinya dan budayanya tersebut. 

Berikut ini kerajinan khas daerah Banten yang banyak diminati: 

1. Golok Ciomas  
Sebagai wilayah yang dikenal dengan sebutan Tanah Jawara, Banten memiliki kerajinan golok. Kerajinan golok ini tersebar luas di wilayah Banten dan sering disebut kerajinan Pande Golok.

Namun yang paling terkenal, adalah kerajinan golok Ciomas, Kabupaten Serang. Kerajinan golok dari daerah tersebut sudah dibuat secara turun-temurun. Golok asal Ciomas ini menjadi salah satu senjata khas daerah Banten. Selain terkenal dengan ketajamannya, golok Ciomas juga diyakini mengandung mistis.  

2. Tas Koja  
Salah satu produk unggulan Banten yang banyak dibeli wisatawan adalah tas koja yang dibuat oleh warga badui. Wisatawan melihat tas koja unik karena menjadi  aksesoris keseharian dalam kehidupan masyarakat badui. 

Tas koja dibuat terbuat dari kulit kayu yang dikelupas dari batang, lalu dijemur hingga kering. Kemudian dijadikan serabut untuk memudahkan pembuatan benang.  Setelah benang dirajut, disambungkan sampai menjadi bentuk tas sesuai yang diinginkan. 

3. Keramik Bandalu 
Dikenal dengan nama keramik bandalu, sentra kerajinan keramik ini terletaknya tepat di Desa Bandulu, Kabupaten Serang yang tidak jauh dari Pantai Anyer. Produk ini dipasarkan cukup luas di luar wilayah Anyer.  

Pembuatan kerajinan menggunakan bahan dasar tanah liat ini bisa disaksikan secara langsung hingga siap dijual pada di sejumlah workshop di daerah tersebut.  Kerajinan ini kebanyakan digunakan sebagai hiasan rumah karena memiliki nilai seni yang sangat tinggi.  

4. Gerabah 
Salah satu ikon daerah Banten sejak zaman lampau adalah gerabah. Gerabah khas Banten ini dibuat oleh warga di Kampung Gerabah yang berlokasi di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, Kota Serang.  

Gerabah Bumi Jaya memiliki kekuatan serta kualitas yang baik karena pembuatannya menggunakan bahan baku utama dari tanah liat dan pasir halus. Gerabah asal Banten ini juga memiliki ciri khas yang bentuknya menyerupai Gerabah Zaman Klasik dan biasanya dibentuk berupa produk gentong, tungku, pot bunga, kendi dan lain-lain.  

5. Bambu Ciakar 
Produksi bambu ciakar berpotensi besar di bidang kriya untuk di ekspor. Lokasi pembuatan bambu ciakar ini berlokasi di Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang. Kerajinan ini telah memproduksi berbagai macam seni yang terbuat dari bambu dan rotan. 

Akses jalan menuju tempat kerajinan tersebut mudah dijangkau, jaraknya sekitar 10 kilometer dari kantor Kecamatan Curug.  Produk bambu ciakar ini biasanya berbentuk seperti hiasan lampu, peralatan rumah tangga, dan pernak-pernik lainnya. (tim redaksi)


#provinsibanten
#budayabanten
#kerajinan
#buatantangan
#cinderamatakhasdaerah

Tidak ada komentar