Breaking News

Kurang Afdol ke Gunungkidul Kalau Belum Coba Kuliner Ekstrem Kutu Laut Goreng Crispy

Postingan Instagram @gnfi cara memasak kutu laut goreng crispy. Foto: net

WELFARE.id-Siapa yang tak kenal keindahan laut dan pantai di Kabupaten Gunungkidul. Jadi jangan heran, kalau pantai di Gunung Kidul jadi destinasi tempat wisata utama saat ke Jogjakarta.

Selain itu ternyata, di Gunungkidul banyak sajian kuliner dari olahan hewan-hewan ekstrem yang menarik untuk dicoba. Ada beberapa makanan khas warga setempat yang jarang dikonsumsi oleh wisatawan. 

Salah satunya adalah kutu laut goreng crispy. Kuliner ekstrem yang satu ini berasal dari kutu laut atau undur-undur laut di Gunungkidul, yang kemudian diolah menjadi crispy.

Siapa sangka ternyata makan ini bisa diolah menjadi makanan yang enak dan nikmat. Banyak sekali penjual olahan kutu laut tepi pantai yang menjual makanan ekstrem yang satu ini.

Cara mengolah kuliner yang satu ini cukup sederhana, melansir dari postingan Instagram @gnfi yang memberi tips memasak kutu laut goreng crispy yang banyak ditemui di Gunungkidul.

Pertama-tama masukkan kutu laut ke dalam sebuah wadah, kemudian tuang tepung ke dalam wadah yang berisi kutu laut, setelah itu diaduk hingga rata, untuk proses mengaduknya bisa menggunakan tangan ataupun sendok.

Setelah semuanya telah tercampur rata, goreng kutu laut kedalam minyak panas dan tunggu sampai berubah warna menjadi kemerahan.

Selain diolah menjadi goreng crispy, kutu laut ini bisa diolah menjadi makanan lain, seperti bakwan kutu laut, sate kutu laut, dan peyek. 

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba kuliner ekstrem yang satu ini bisa ditemui hampir di sepanjang pantai di Jogjakarta, dari Pantai Glagah hingga Pantai Parangendog.

Kuliner ini menjadi makanan rekomendasi yang wajib dicoba saat sedang berlibur ke Jogjakarta, terutama datang ke pantai Gunungkidul.

“Undur undur goreng enak banget,” komentar warganet.
“Enaaaaak...dibikin peyek atau bakwan,” komentar warganet lainnya. ”MemangeEnak banget, aku beli di parangtritis ada yg pedas,” cetus warganet lainnya. (tim redaksi)


#kuliner
#makanankhas
#gunungkidul
#jogjakarta
#makananekstrem
#wisatawan
#liburan

Tidak ada komentar