Breaking News

Konflik Internal PPP, Suharso Hubungi Plt Ketum PPP dan Temui Presiden

Suharso Monoarfa (net) 

WELFARE.id-Konflik internal di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih belum berakhir. Kendati demikian, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, hubungan partainya dengan ketua umum sebelumnya, Suharso Monoarfa, berjalan baik dan lancar. 

Dia menyebut dalam waktu dekat pihaknya akan bertemu dengan Suharso. Menurut Achmad, komunikasi informal dengan Suharso sudah dilakukan. Kemarin, jelasnya, Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardioni, menerima telepon dari Suharso. “Secara informal komunikasi kami sudah berlangsung. Kemarin, di depan pengurus harian yang lain, Pak Mardiono terima telepon dari Pak Harso,” ujarnya di Jakarta, Selasa, (13/9/2022). 

Achmad mengaku tidak mengetahui ihwal bahasan pembicaraan antara Suharso dan Mardiono. Namun, menurutnya adanya telepon dari Suharso merupakan awal dari komunikasi yang baik dan dapat mendinginkan konflik di partai berlambang Kabah ini. “Saya tidak tahu persis isi pembicaraan, tapi spiritnya atau semangatnya yang kami tangkap bahwa sudah ada komunikasi dengan dua belah pihak. Itu kan bagus saya kira, komunikasi dengan dua belah pihak itu bagus,” tukasnya. 

Sebelumnya, Suharso yang saat ini masih menjadi Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/9/2022). Suharso mengaku membicarakan banyak hal saat bertemu Jokowi, termasuk kisruh kepengurusan PPP yang mencuat dalam beberapa waktu terakhir. "Saya tadi banyak bicara soal itu (masalah kepengurusan PPP) dan soal IKN ya," kata Suharso. 

Saat ditanya mengenai kepengurusan baru PPP yang dipimpin pelaksana tugas ketua umun Mardiono, Suharso mengaku bakal menyelesaikan hal itu. "Nanti saja, saya selesaikan baik-baik," ujar dia menyudahi wawancara. 

Diketahui Suharso dilengserkan sebagai Ketua Umum PPP berdasarkan hasil Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Banten, Minggu (4/9/2022). Alasannya para kader tak puas dan ingin meningkatkan elektabilitas PPP jelang Pemilu 2024. 

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM telah mengesahkan mengesahkan kepengurusan baru PPP melalui Surat Keputusan Kemenkumham Nomor M.HH-26.AH.11.02. Tahun 2022 tentang Pengesahan Plt Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Masa Bakti 2020-2025. 

Isi SK tersebut menyatakan mengakui Muhammad Mardiono sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP menggantikan Suharso Monoarfa. (tim redaksi) 

#partaipolitik
#PPP
#suharsomonoarfa
#kisruhppp
#penggantianketumppp
#ketumppp

Tidak ada komentar