Breaking News

Kembangkan Bisnis Aerostruktur, PT DI MOU dengan Airbus

Ilustrasi 

WELFARE.id-PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan Airbus menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai pengembangan bisnis Aerostruktur. Dengan kerja sama ini, kompetensi dan pendapatan bisnis PT DI diharapkan dapat meningkat. 

"Airbus adalah mitra strategis yang dapat berkontribusi terhadap transformasi PTDI untuk menjadi pemain utama dalam industri penerbangan di kawasan ini," ujar CEO PT DI Gita Amperiawan dikutip Jumat (9/9/2022). 

Gita mengatakan, nilai bisnis PT DI yang diestimasikan diperoleh melalui kerja sama ini mencapai USD500 juta atau Rp7,46 triliun (kurs Rp14.926 per dolar AS) selama 10 tahun ke depan."MoU ini adalah untuk bagaimana Airbus mendukung PT DI untuk Aerostruktur. Penandatanganan MoU ini diharapkan akan mendorong peningkatan kompetensi dan value bisnis Aerostruktur PT Dirgantara Indonesia yang diestimasikan dapat mencapai USD500 juta dalam 10 tahun ke depan," tukasnya. 

Gita berharap PT DI dapat meningkatkan perannya dalam mengembangkan ekosistem industri dalam negeri melalui MoU tersebut. Melalui produksi pesawat N219, PT DI membidik peningkatan kontribusi dalam upaya memperluas konektivitas serta aksesibilitas, baik antara kota besar dan kecil, maupun antar kota kecil. 

Meski diutamakan untuk kebutuhan dalam negeri, pesawat N219 juga diharapkan untuk menembus pasar internasional. Gita mengatakan sejumlah negara ditargetkan menjadi pasar N219, termasuk Turki. 

"N219 sedang dalam penjajakan dengan Turki. Turki juga senang dengan N219, khususnya misalnya bisa tidak untuk pemadam kebakaran," ujar Gita. 

Selain Turki, Afrika Selatan juga disebut tertarik dengan N219. Namun, PT DI belum mengambil keputusan terkait permintaan tersebut karena masih akan fokus pada pemenuhan kebutuhan dalam negeri. 

Presiden Airbus Asia-Pacific, Anand Stanley mengatakan, Airbus dan PTDI telah menjalin kerja sama yang panjang sejak tahun 1976 yang dimulai dengan lisensi untuk produksi pesawat NC212 dan helikopter NBO-105. “MoU yang ditandatangani hari ini adalah perpanjangan dari kemitraan yang telah terjalin selama 40 tahun serta akan mencakup berbagai jenis manufaktur dan keahlian teknik yang lebih luas. Airbus berkomitmen untuk mempertahankan posisinya sebagai mitra terbesar Indonesia dalam industri penerbangan dan kami berharap dapat terus meningkatkan hubungan kerja sama dengan PTDI,” katanya. (tim redaksi) 

#ptdirgantaraindonesia
#ptdi
#airbus
#bisnisaerostruktur
#mouptdiairbus

Tidak ada komentar