Breaking News

Kebakaran Hebat Landa Kawasan Gunung Ciremai, BPBD Kuningan Masih Pantau Titik Bara Api

Kebakaran di Gunung Ciremai pada 2018 lalu. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kebakaran kembali melanda kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kuningan, Jawa Barat, Minggu (25/9/2022). 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana menjelaskan, kepulan api pertama kali terlihat di Blok Jalan Maling, sekitar pukul 12.30 WIB. 

"Api kemudian meluas ke blok-blok lainnya," kata Indra, dikutip Senin (26/9/2022). Api diketahui meluas ke arah Blok Cileutik, Blok Manguntapa, Blok Tegal Bodas, Blok Situmpuk, dan Blok Penyok Rama, yang masuk wilayah Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. 

Pihak Balai TNGC kemudian berkoordinasi dengan TNI, Polri, BPBD Kabupaten Kuningan, Masyarakat Peduli Api (MPA), relawan, Forum Ciremai, dan Destana Karangsari. Tim Gabungan yang berjumlah sekitar 70 personel dari unsur-unsur tersebut dan ditambah masyarakat setempat kemudian disebar ke beberapa titik yang terbakar. 

Mereka berupaya melakukan upaya pemadaman. Upaya tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai peralatan seperti jet shooter hingga selang/pipa air.

Tim Gabungan kemudian berkumpul di Blok Penyok Rama untuk mencegat api yang mengarah ke Blok Karang Dinding pada pukul 18.24 WIB. Kerja keras yang dilakukan tim gabungan akhirnya berhasil memadamkan api pada pukul 19.59 WIB.

Meski demikian, tim gabungan kembali melanjutkan penyisiran dan pemadaman. Pasalnya, ada beberapa titik bara api yang kembali menyala. 

Hingga pukul 21.00 WIB kemarin, upaya penyisiran dan pendinginan bara api masih dilaksanakan. Menurut dia, kawasan hutan yang terbakar berupa semak belukar sehingga api dengan cepat merambat dan berkobar.

"Jumlah personel yang terlibat pemadaman kurang lebih 100 orang berasal dari berbagai instansi," tuturnya. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui luasan area yang terbakar. (tim redaksi)

#gunungciremai
#hutandigunungciremaiterbakar
#kebakaranhutan
#bpbdkuningan
#kuninganjawabarat
#balaitngc

Tidak ada komentar