Breaking News

Kalahkan Curacao, Indonesia Naik Peringkat FIFA

Timnas Indonesia berhasil taklukan Curacao (dok PSSI) 

WELFARE.id-Berhasil mengalahkan Curacao 3-2, Timnas Indonesia naik 3 peringkat di ranking FIFA. Ya, Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Curacao pada pertandingan persahabatan atau FIFA Matchday.  

Dilansir dari Football-Ranking.com, secara perhitungan real time Timnas Indonesia berhasil naik tiga peringkat ke urutan 153. Setelah mendapat tambahan 7,14 poin, saat ini koleksi poin Timnas Indonesia adalah 1.026,14. 

Skuad Garuda berhasil menggeser Yaman, yang sebelumnya sudah mengoleksi 1.023,52 poin. Tentu catatan itu jadi bekal positif bagi Timnas Indonesia yang akan menghadapi Piala Asia 2023 mendatang. 

Laga timnas Indonesia vs Curacao yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (24/9/2022) malam WIB, berakhir dengan skor 3-2.  

Tiga gol kemenangan timnas Indonesia dibukukan oleh Marc Klok (19'), Facruddin Aryanto (23'), dan Dimas Drajad (56').  

Adapun gol Curacao masing-masing dicetak oleh Rangelo Janga (7') dan Juninho Bacuna (25').  

Rangkuman pertandingan 

Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu setelah kebobolan tendangan Rangelo Janga saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. 

Rangelo Janga mencetak gol pembuka untuk Curacao setelah memanfaatkan bola liar dari tembakan rekannya yang membentur tiang gawang.  

Skuad Garuda bereaksi dan menyamakan kedudukan pada menit ke-19. Berawal dari skema permainan satu-dua, Marc Klok berhasil menceploskan bola ke gawang Curacao.  

Indonesia lantas berbalik unggul pada menit ke-23 lewat sundulan Fachruddin Aryanto yang memanfaatkan lemparan ke dalam Pratama Arhan.  

Papan skor kembali menunjukkan angka sama menjadi 2-2 setelah pemain Birmingham City, Juninho Bacuna, menjebol gawang Nadeo Argawinata pada menit ke-25.  

Kenji Gorre lantas menemukan ruang untuk mengirimkan umpan ke Rangelo Janga pada menit ke-54. Namun, pergerakan Kenji terbaca dan Nadeo dengan sigap mengamankan bola.  

Serangan Indonesia berbuah gol pada menit ke-56. Berawal dari pergerakan Arhan di sisi kiri dalam kotak 16 meter, bola lantas mengarah ke Dimas Drajad.  

Sang penyerang lalu menuntaskan umpan Arhan dengan melepaskan tembakan backheel dan membawa Indonesia unggul 3-2 atas Curacao.  

Ramadhan Sananta yang baru dimainkan pada menit ke-71 menggantikan Dimas Drajad, nyaris mencetak gol lima menit setelahnya. Namun, tendangan Ramadhan bisa diblok kiper Curacao. 

Pada injury time, skema permainan satu-dua Muhammad Rafli dan Rachmad Irianto nyaris berbuah gol. Namun, pemain Curacao lebih cepat menutup pergerakan Irianto.  

Pertandingan pada akhirnya berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan timnas Indonesia. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengapresiasi penampilan Marc Klok dkk tersebut. Diakui Shin Tae-yong, Timnas Indonesia tidak mudah meraih kemenangan mengingat lawannya memiliki peringkat FIFA lebih baik. 

Ini ditambah dengan postur tubuh para pemain Curacao yang lebih tinggi. Namun keharusan menang di kandang menjadi motivasi buat para pemain tampil dengan penuh kerja keras, terlebih setelah tertinggal terlebih dahulu. 

Curacao memang di atas kita secara peringkat FIFA, apalagi mereka memiliki pemain dengan postur tubuh yang lebih baik.Mereka banyak menyusahkan kita," kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers, Sabtu (24/9/2022). 

"Kita sempat kebobolan terlebih dahulu tetapi kita dapat membalas. Keharusan menang di kandang memacu semangat pemain untuk tampil baik," lanjutnya. 

Pelatih asal Korea Selatan ini senang karena para pemain mampu menjalankan instruksinya sepanjang pertandingan.

"Memang lawan kita bukan hanya dari Asia tetapi di luar itu. Para pemain sudah sangat baik dan menjalankan instruksi saya. Saya berterima kasih untuk itu," katanya. 

TIMNAS INDONESIA VS CURACAO 3-2 (Marc Klok 19', Fachruddin Aryanto 23', Dimas Drajad 56'/Rangelo Janga 7', Juninho Bacuna 25') 

Susunan pemain timnas Indonesia vs Curacao   

Indonesia (3-4-3): 1-Nadeo (PG); 19-Fachruddin Aryanto, 30-Elkan Baggott, 12-Pratama Arhan; 13-Rachmat Irianto, 23-Marc Klok (5-Rizky Ridho 86') , 15-Ricky Kambuaya (7-Marselino 46'), 25-Yakob Sayuri; 10-Egy Maulana (11-Saddil Ramdani 46'), 9-Dimas Drajad (16-Ramadhan Sananta 71' (18-Muhammad Rafli 86')), 8-Witan Sulaeman (22-Dendy Sulistyawan 75').  

Pelatih: Shin Tae-yong.  

Curacao (4-2-4): 1-Tyrick Bodak (PG); 17-Dylan Timber (21-Ayrton Statie 55'), 3-Justin Ogenia, 2-Cuco Martina, 12-Shanon Carmelia (15-Nathangelo Markelo 71'); 7-Juninho Bacuna, 10-Leandro Bacuna, 13-Jeremy Antonisse; 14-Kenji Gorre (11-Gevaro Nepomuceno 57'), 16-Michael Maria (8-Roly Bonevacia 71'), 9-Rangelo Janga.

Pelatih: Remko Bicentini. (tim redaksi

#sepakbola
#football
#indonesiavscuracao
#pertandinganpersahabatan
#fifamatchday
#fifa
#shintaeyong
#rangkingfifa
#pssi

Tidak ada komentar