Breaking News

Jembatan Gantung di Probolinggo Putus, 41 Siswa SMP dan Satu Guru Nyemplung ke Sungai

Jembatan gantung Pajarakan yang ambruk setelah dilintasi puluhan siswa SMP 1 Pajarakan. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Tragedi terjadi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pasalnya, jembatan gantung yang berada di wilayah Pajarakan putus dan ambrol ke sungai di bawahnya, Jumat (9/9/2022) pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

Naasnya, saat itu ada puluhan siswa yang melintasi jembatan tersebut saat kegiatan jalan sehat. Akibat jembatan ambrol ke sungai membuat puluhan siswa SMP itu terjun ke sungai.

”Kebetulan saat itu SMP 1 Pajarakan mengadakan kegiatan jalan sehat kemudian melewati jembatan gantung. Saat itu ada 40 siswa dan satu guru berada di atas jembatan gantung,” terang Aris Setyawan Manajer Pusdalops BPBD Probolinggo, Jumat (9/9/2022). 

Mungkin siswa yang melintas jembatan gantung senang, jadi digoyang-goyang sehingga putus talinya bersama jembatannya ambruk ke sungai. Semua siswa SMP 1 Pajarakan nyemplung ke sungai.  

Korban yang jatuh ke sungai langsung dievakuasi ke Puskesmas Pajarakan oleh masyarakat sekitar dan petugas yang tiba di lokasi.

Dari hasil triase sementara BPBD Probolinggo, dari 41 korban yang semuanya mengalami luka ringan tersebut 13 orang dirujuk ke RS Waluyo Jati.

”13 korban yang terdiri dari 12 siswa dan satu guru dirujuk ke RS Waluyo Jati walaupun luka ringan,” jelasnya juga. 

Dugaan sementara penyebab jembatan gantung ini putus, kata Aris, adalah over capacity (kelebihan kapasitas) orang yang menyeberang. 

”Terlalu banyak yang melintas dan bertahan di tengah jadi jembatan tidak kuat menahan beban, sampai di tengah ada yang goyang-goyang. Jembatannya kecil memang, bentang jembatan 30 meter, lebar 1,5 meter tadi kayaknya over load, kebanyakan yang di atas jembatan,” paparnya juga. 

Aris juga menjelaskan, kejadian ini sudah mendapat asesmen dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Rakyat Kabupaten Probolinggo dan jembatan yang putus akan dibangun kembali. (tim redaksi)


#jembatanputus
#jembatangantung
#jalansehat
#smp1pajarakan
#kabupatenprobolinggo
#overkapasitas

Tidak ada komentar