Breaking News

Jalan-Jalan ke Pasar Baru, Jangan Lupa Icip Aneka Menu Legendaris Ini Ya!

Restoran Bakmi Gang Kelinci, Pasar Baru yang legendaris. Foto: Istimewa/ Dok.Zomato

WELFARE.id-Kawasan Pasar Baru di Jakarta Pusat baru saja ditetapkan oleh Dinas Kebudayaan (Disbud), Pemprov DKI menjadi kawasan Cagar Budaya. Bersamaan dengan Batu Penggilingan dan Prasasti Padrao sebagai Benda Cagar Budaya.

Selain suasana dan arsitektur tempo dulunya yang khas, kawasan Pasar Baru juga cukup dikenal sebagai kawasan kuliner di Jakarta. Mengunjungi Pasar Baru, kamu bisa menemukan aneka jajanan lezat dan tentunya aneka kuliner yang sudah melegenda.

Penasaran, ada kuliner legendaris apa saja sih di sana? Intip rekomendasinya berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/9/2022):

1. Nasi Uduk Kota Intan

Bagi kamu pecinta nasi uduk, saat berkunjung ke Pasar Baru, jangan sampai melewatkan mencicipi Nasi Uduk Kota Intan. Selain nasi uduk yang menjadi jagoan, kamu juga bisa menikmati berbagai macam lauk pauk menggugah selera seperti ayam goreng, bebek goreng, sate telur, ati ampela, tempe, tahu dan lainnya. 

Warung legendaris ini berlokasi di Jalan KH Samanhudi Pasar Baru, tepatnya di depan GKI Samanhudi. Buka setiap hari, pukul 18.00 sampai 02.00 dini hari.

2. Bakmi Gang Kelinci

Ini memang menjadi salah satu kuliner favorit di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Sudah ada sejak 1957, tak heran warung bakmi yang mulanya hanya beroperasi di gerobak sederhana ini sudah melegenda. 

Bersantap di sini, jangan ketinggalan menikmati bakmi sayap ayam yang menjadi menu favorit. Menu di Bakmi Gang Kelinci semuanya halal ya, jadi bagi yang Muslim tak perlu khawatir.

3. Restoran Tropic

Sudah berdiri sejak 1950 dan jadi salah satu restoran legendaris di Pasar Baru. Mengusung konsep tempo dulu, interior cat di restoran ini didominasi dengan warna biru muda, seperti suasana khas Amerika Serikat pada zaman dulu. 

Menu favorit di restoran ini adalah es krimnya yang ada 16 varian rasa. Di antaranya rasa cokelat, vanilla, susu, stroberi, teh hijau, velvet, pisang, mocca, tiramisu, hingga durian. Bahkan bisa dikombinasikannya dengan dua hingga tiga rasa sekaligus.

4. Bakso Metro

Pecinta bakso jangan sampai melewatkan mencicipi Bakso Metro yang sudah ada sejak 1984 di Pasar Baru ini. Kamu bisa memesan bakso urat, daging dan telur di sini. 

Teksturnya benar-benar daging, rasanya gurih dan kuahnya cukup medok dan kental. Dalam satu mangkuk bakso, dilengkapi juga dengan bihun, mi kuning, sayuran dan juga tetelan yang akan membuat hidangan lebih lezat serta istimewa.

5. Joni Steak

Berkonsep steak house, tempat makan ini sudah ada sejak 19 tahun yang lalu. Daging yang disajikan adalah sapi. 

Harganya cukup bersahabat di kantong, kurang dari Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa menyantap steak lembut seberat 100 gram yang disiram saus nikmat.

6. Soto Betawi Globe H. Oji

Soto khas Betawi merupakan salah satu makanan yang kaya rempah dan super nikmat. Nah, kalau sedang di Pasar Baru wajib mencicipi soto Betawi yang satu ini.

Sudah terkenal sejak 1970, Soto Betawi Globe H. Oji yang berlokasi di Jalan Samanhudi, No. 4, Pasar Baru, Jakarta Pusat itu menyajikan sajikan potongan toping daging yang besar, ditambah kentang dan tomat, menjadikan super nikmat dan puas. 

Satu porsi hanya dibanderol Rp28 ribu, belum sama nasi. Rasanya yang lezat, dan tentunya dibuat dengan bahan fresh dan higienis. Bagi yang ingin menyambangi, jam buka Soto Betawi Globe H. Oji buka mulai pukul 08.30 pagi hingga 20.30 WIB.

7. Bakmi Aboen

Nah, buat kamu penikmat bakmi nonhalal, ada Bakmi Aboen nih yang nggak kalah legendaris. Terletak di Jalan Pintu Air V No.55G ini selalu ramai didatangi pengunjung. 

Keaslian rasa Bakmi Aboen dari tahun 1962 terus dijaga oleh sang pemilik, Ko Aboen, hingga saat ini. Mie yang dibuat homemade setiap harinya menjadi keunikan dari Bakmi Aboen. 

Dengan begitu, kamu bisa merasakan tekstur yang halus dan kenyal secara bersamaan dalam tiap gigitannya. Topping potongan daging babi ataupun ayam kampung serta kuah kaldu memperkaya cita rasa klasik dari bakmi ini. Tersedia juga hidangan berbahan dasar kwetiau, bihun, serta locupan bagi kamu yang ingin mencicipi varian lain

8. Roti Bistro

Di penghujung hari, jangan lupa pulang dari Pasar Baru bawa oleh-oleh untuk orang rumah. Kamu wajib mengunjungi toko Roti Bistro yang letaknya persis di depan Bakmie Sui-Sen.

Sudah berdiri sejak tahun 1980-an, Roti Bistro gak pernah sepi pengunjung. Semua roti disajikan fresh from the oven. 

Aroma roti yang super wangi berhasil memikat siapa saja yang lagi lalu-lalang. Belum lagi kalau roti ini disantap langsung selagi hangat, kebayang kan enaknya?

Roti sobek lima rasa jadi juaranya di sini. Terdiri dari varian rasa coklat, keju, vanila, kopi, dan srikaya, kamu bisa membanderolnya dengan harga Rp15.000 saja. (tim redaksi)

#rekomendasirestolegendaris
#pasarbaru
#bakmigangkelinci
#bakmiaboen
#rotibistro
#baksometro
#wisatakuliner
#menukulinerlegendaris

Tidak ada komentar