Breaking News

Ingin Berwisata ke Kepulauan Seribu? Ini Lima Pantai yang Layak Dikunjungi

Suasana Pulau Pari, salah satu wisata Pulau Seribu dengan pemandangan cantik. Foto: Antara 

WELFARE.id-Provinsi DKI Jakarta memiliki gugusan pulau dengan laut biru yang bening dan pasir putih serta arus laut yang tenang. Tidak heran jika Kepulauan Seribu sering dijadikan destinasi wisata pantai dan pulau bagi warga Ibu Kota.

Pulau Seribu terdiri dari ratusan pulau, namun hanya sedikit pulau yang dihuni. Ada beberapa wisata Pulau Seribu yang paling bagus, bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan.

Atraksi yang menarik banyak wisatawan selain pasir putih dan air laut biru bening dari Pulau Seribu adalah snorkeling dan diving. Selain itu, ada jajaran resort unik ala Maladewa yang turut menjadi daya tarik tersendiri.

Akses akomodasi ke Pulau Seribu tidak sulit. Ada dua alternatif keberangkatan kapal yang bisa Anda pilih, yaitu via Ancol dan via Muara Angke (Kali Adem). Kedua pemberangkatan tersebut menggunakan jenis kapal yang berbeda, tentu dengan harga yang berbeda pula. 

Berikut rekomendasi wisata Pulau Seribu yang paling bagus, yang bisa Anda kunjungi.

1. Pulau H (Pulau Tengah)
H Island Resort atau yang kerap disebut sebagai Pulau Tengah menjadi wisata Pulau Seribu yang paling mahal. Jajaran resort mewah di Pulau H didesain sedemikian rupa untuk memberikan sensasi Bali dan Maladewa bagi para tamu.

Untuk diketahui, Pulau H bersifat private. Artinya Anda hanya bisa masuk dan menikmati keindahan Pulau H jika terdaftar sebagai tamu resort. Atraksi yang bisa Anda nikmati jika berkunjung ke Pulau H di antaranya:

- Berkunjung ke penangkaran hiu
- Bermain ragam watersports
- Bersepeda mengelilingi pulau
- Bermain di pantai dan berenang di laut

2. Pulau Macan
Pulau Macan merupakan salah satu wisata Pulau Seribu yang paling bagus karena mengusung konsep eco-resort. Pulau Macan tidak begitu luas, namun memiliki sejumlah fasilitas lengkap, pemandangan magis di pagi dan sore hari, arus laut yang tenang, dan peralatan watersport gratis.

Hal unik lainnya adalah setiap bangunan kamar dibangun di tepian pantai, sehingga ketika pagi Anda bisa langsung berenang di laut atau duduk santai sembari mata menyapu cahaya matahari terbit dengan laut biru. Sementara pada saat air laut surut, Anda akan menemukan sebuah pulau kecil yang diikuti barisan pasir putih memanjang yang menyambung dengan pulau utama.

3. Pulau Sepa
Dari segi jarak, Pulau Sepa terbilang cukup dekat dengan Ancol. Namun, mata Anda akan diajak menyapu pemandangan pulau dan pasir putih serta laut biru bening.

Penginapan di pulau ini masuk kategori resort dan cottage yang didesain berpadu dengan lingkungan sekitarnya. Asyiknya lagi, pohon di pulau ini cukup rindang, sehingga Anda tidak akan merasa kepanasan. Pulau Sepa juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Pulau ini termasuk sebagai salah satu spot yang sering dijadikan sebagai latihan diving. Tidak heran terdapat dive center dan penyewaan alat selam di pulau ini. Aktivitas lain yang bisa Anda jajal adalah canoe, snorkeling, banana boat, jet ski, dan memancing.

4. Pulau Pari
Selain Pulau Pramuka dan Tidung, Pulau Pari termasuk wisata pulau seribu yang terjangkau. Pulau Pari dikenal dengan Pantai Pasir Perawan dengan keindahan terumbu karang dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Banyak atraksi wisata yang bisa Anda jajal di Pulau Pari, seperti berikut:
- Watersport
- Menanam bakau
- Bersepeda
- Canoe
- Snorkeling dan diving
- Berkunjung ke lembaga penelitian biota laut LIPI

Di sini, Anda juga bisa menyewa homestay dengan harga yang terjangkau.

5. Pulau Kelapa Dua
Pulau Kelapa Dua mungkin tidak memiliki banyak atraksi permainan air. Tapi di pulau ini Anda dapat merasakan pengalaman menjaga kelestarian alam.
Anda dapat belajar dan melihat langsung proses penetasan telur dan perawatan penyu sebelum dilepas kembali ke lautan.

Selain itu, Anda juga bisa ikut terlibat aktif dalam penanaman hutan bakau. Pulau satu ini memang menjadi wisata edukasi dan keluarga di Pulau Seribu.
Harga tiket masuk Pulau Kelapa Dua sangat terjangkau. Harga tiket kapal ke Pulau Kelapa Dua juga lebih terjangkau via Muara Angke. (tim redaksi)

#pariwisata
#provinsidkijakarta
#ibukota
#kepulauanseribu
#pantai
#bersantai
#akhirpekan

Tidak ada komentar