Breaking News

Hobi Hang Out ke Mal, Waspadai 5 Area Paling Banyak Kuman

Jalan-jalan ke mal. Foto: Ilustrasi/ Pixabay

WELFARE.id-Seiring melandainya angka kasus COVID-19 di Indonesia, pusat perbelanjaan pun makin ramai. Tapi bukan berarti virus Covid sudah musnah, lho.

Kamu tetap harus hati-hati, terutama di keramaian. Jika kamu termasuk orang yang hobi jalan-jalan ke mal, baik bareng keluarga maupun hang out bareng teman-teman, kewaspadaan penularan COVID-19 tetap harus ditingkatkan.

Sebab, biar bagaimanapun, lokasi keramaian lebih berpotensi menularkan virus Covid. Merangkum Healthline, Rabu (21/9/2022), 5 area ini memiliki risiko paling tinggi membuat tubuh terpapar kuman, yaitu:

1. Meja food court

Meski sering dilap, meja food court tidak selalu benar-benar bersih dari kuman. Sebab, kuman bisa saja tertinggal pada area yang luput ketika dibersihkan.

2. Pegangan eskalator

Pegangan eskalator disentuh oleh banyak orang, sehingga risiko paparan kuman hingga lendir dan kotoran sangat tinggi. Bahkan pakar menyebut risiko terserang flu dan pilek dari pegangan eskalator cukup besar.

3. Wastafel

Sedikit ironis mengingat hampir seluruh orang mencuci tangan di wastafel. Tapi berdasarkan penelitian, area wastafel yang lembab membuatnya jadi tempat bersarang favorit kuman.

4. Ruang ganti

Ruang ganti alias fitting room di mal bisa saja menyimpan kuman, yang berasal dari berbagai macam orang yang masuk ke ruangan tersebut.

Lantas, bagaimana cara untuk mencegah paparan kuman di mal? Melansir Cleveland Clinic, Rabu (21/9/2022), cara terbaik mencegah paparan kuman adalah dengan rutin mencuci tangan pakai sabun. 

Bagaimana cara mencuci tangan yang benar? Jika memungkinkan, kamu bisa mencuci tangan dengan air hangat. 

Mencuci tangan dengan air hangat bisa melunturkan minyak dan kotoran di tangan. Gunakan satu sendok teh sabun, lalu sapukan ke seluruh tangan minimal selama 15 detik sebelum kamu membilasnya hingga bersih.

Setelah itu, kamu harus mengeringkan tangan menggunakan handuk bersih. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk mencuci pergelangan tangan, di sekitar tepi kuku, dan bahkan sampai ke lengan bawah. Sebab, area tersebut cenderung mengandung bakteri dalam jumlah besar. (tim redaksi)

#tipsmencucitangan
#jalankemal
#hangoutkemal
#waspadaikuman
#viruscovid19
#areamudahtertular

Tidak ada komentar