Breaking News

Hindari 5 Kebiasaan Ini, Supaya Terhindar dari Sasaran Empuk Hacker

Internetan di kafe. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Nongkrong di kafe sambil berselancar di dunia maya bisa memakan waktu berjam-jam. Bahkan, beberapa orang ada yang juga yang bekerja online dari kafe.

Tapi, rentetan ancaman hacker beberapa waktu ini, wajib membuat kamu para peselancar dunia maya waspada. Terutama, kamu yang suka menggunakan wifi bersama-sama di area publik.

Kalau kamu suka nongkrong bareng di kafe atau restoran, kamu harus waspada. Ada beberapa kebiasaan yang tak disadari yang bikin kamu rentan jadi korban hacker. 

Tanpa sadar, kamu mungkin membiarkan diri terbuka terhadap serangan atau mengambil risiko yang tidak perlu. Melansir Norton, Jumat (16/9/2022), berikut adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari agar data kamu tak mudah diretas:

1. Menggunakan password yang sama untuk semua akun penting

Seseorang tentunya memerlukan kata sandi untuk mengakses email, akun bank, media sosial, aplikasi, situs streaming, dan seterusnya. Beberapa orang memutuskan untuk menggunakan satu kata sandi yang sama untuk setiap akun.

Faktanya, seperlima dari korban kejahatan dunia maya menggunakan kata sandi yang sama di semua akun dan 58 persen berbagi setidaknya satu perangkat atau kata sandi akun dengan orang lain. Menggunakan satu kata sandi mungkin hal yang nyaman tetapi hal ini dapat membuat akun kamu tidak aman.

2. Pakai jaringan Wi-Fi publik sembarangan

Jaringan Wi-Fi publik mungkin tampak aman, namun kamu tidak pernah tahu apakah jaringan tersebut aman atau tidak. Jika terdapat jaringan Wi-Fi yang "unsecured" atau tidak aman memungkinkan kamu terhubung tanpa kata sandi atau login hotspot, jaringan tersebut patut dicurigai.

Ancaman umum dari jaringan Wi-Fi adalah serangan Man-in-the-Middle. Di mana penyerang mencegat informasi yang kamu kirim atau terima.

Anda juga bisa menggunakan jaringan yang tidak terenkripsi. Yang berarti siapa pun dapat menguping dari sinyal. 

Hal ini memungkinkan kamu menyiarkan semua yang kamu lakukan kepada penjahat. Aturan praktisnya adalah tetap menggunakan jaringan publik yang aman. 

Namun perlu diingat, bahkan jaringan "aman" belum tentu aman. Hotspot berbahaya dapat meniru jaringan yang sah dengan menggunakan nama yang dapat dipercaya untuk menipu kamu agar terhubung, memungkinkan penyerang mengakses informasi sensitif.

Hindari menggunakan jaringan publik untuk berbelanja online dan jangan mengakses rekening bank, data pribadi sensitif, atau akun media sosial menggunakan Wi-Fi publik.

3. Tidak waspada terhadap pesan atau lampiran aneh

Jika kamu mendapatkan email atau pesan yang tidak diinginkan dari seseorang yang tidak kamu kenal, pikirkan dua kali sebelum membukanya. Taktik phishing yang umum adalah mengirim seseorang lampiran atau tautan yang berisi semacam malware (perangkat lunak berbahaya yang dapat menginfeksi perangkat Anda) atau trojan.

Seringkali dengan judul yang menggoda atau pesan yang dirancang untuk membuat kamu mengkliknya. Pesan tersebut terkadang dapat berasal dari akun teman atau anggota keluarga yang telah diretas atau disusupi. 

Jadi, jika kamu mendapatkan pesan atau tautan yang mencurigakan dari seseorang yang kamu kenal, tidak ada salahnya untuk menghubungi mereka untuk memastikan keamanannya.

4. Malas ganti password wi-Fi atau modem

Banyak orang tidak terlalu mempertimbangkan kata sandi Wi-Fi atau modem mereka di rumah. Faktanya, mengubah kata sandi Wi-Fi sendiri merupakan sesuatu yang harus dilakukan.

Sangat menggoda untuk membiarkan kata sandi default atau kata sandi bawaan di tempatnya. Lagi pula, kata sandi bawaan yang biasa ditemukan di bawah modem biasanya terlihat seperti kata sandi yang sangat kuat. Kenyataannya adalah bahwa kata sandi ini dapat dengan mudah ditemukan.

5. Membiarkan diri sendiri tidak terlindungi

Tidak ada yang pernah menyangka akan menjadi korban serangan siber. Tetapi salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan.

Hal terpenting yang harus dihindari adalah membiarkan diri kamu terbuka saat online. Hal ini berlaku terutama untuk ponsel yang dapat berisi harta karun berupa informasi sensitif di email dan aplikasi lainnya.

Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang kamu taruh di dalam ponsel. Contohnya, foto pribadi, login rekening bank, dan percakapan pribadi yang kemungkinan dapat diakses bagi siapa saja yang memiliki akses. (tim redaksi)

#gayahidupmodern
#internetandarikafe
#pakaiwifipublik
#berselancardiduniamaya
#ponsel
#waspadaseranganhacker
#keamanansiber
#hacker

Tidak ada komentar