Breaking News

Hasil Penelitian Terbaru, Iritasi Mata Disertai Nyeri Bisa Jadi Gejala COVID-19

Mata merah. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Gejala COVID-19 identik dengan tanda-tanda seperti batuk atau sakit tenggorokan. Namun, belakangan, terungkap dari hasil penelitian, bahwa iritasi pada mata, mata merah dan nyeri bisa jadi gejala Covid terbaru.

Hal itu terungkap dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open Ophthalmology yang menemukan, bahwa gejala COVID-19 juga bisa terlihat di area mata. Melihat 83 subjek, para peneliti menggunakan kuesioner terstruktur untuk mendapatkan data yang dilaporkan sendiri dari pasien positif COVID-19.

Menanyakan tentang frekuensi dan durasi tanda-tanda, tim peneliti berhasil memastikan gejala yang paling umum, termasuk yang terjadi di mata. Gejala mata yang paling umum dialami oleh subjek penelitian adalah fotofobia, mata perih, dan mata gatal.

Fotofobia telah terlihat di sebagian besar peserta. Fotofobia menggambarkan kepekaan terhadap cahaya yang ditandai dengan ketidaknyamanan.

Tanda mata ini juga telah dilaporkan oleh seorang pasien dengan omicron BA.5 yang menjadi strain dominan di Inggris dan di seluruh dunia. Melalui Twitter, dr Claire Taylor berbagi bahwa dia dan putranya merasa tak nyaman dengan cahaya terang saat berjuang melawan varian baru tersebut.

Penelitian ini mengamati seorang wanita berusia 29 tahun yang datang ke rumah sakit setempat pada Maret 2020. Wanita itu memiliki gejala pernapasan minimal, tetapi menderita kasus konjungtivitis yang parah.

Namun, penelitian BMJ menjelaskan bahwa konjungtivitis tidak mencapai signifikansi seperti sakit mata. "Istilah konjungtivitis terlalu luas dan harus digunakan dengan hati-hati," kata peneliti studi tersebut, seperti dilansir dari laman Express, Selasa (6/9/2022).

Selain mata, bagian tubuh lainnya juga bisa terkena sehingga memicu berbagai gejala COVID-19. Menurut National Health Service (NHS), daftar lengkap tanda-tanda Covid-19 meliputi:

- suhu tinggi atau menggigil;
- batuk baru dan terus-menerus;
- kehilangan atau perubahan indra penciuman atau pengecap;
- sesak napas;
- kelelahan;
- tubuh terasa nyeri;
- sakit kepala;
- sakit tenggorokan;
- hidung tersumbat atau meler;
- tidak selera makan;
- diare;
- merasa sakit atau sedang sakit.
(tim redaksi)

#gejalabarucovid19
#covid19
#penelitianbaru
#terlihatdiareamata
#iritasimata
#pasiencovid19

Tidak ada komentar