Breaking News

Hari Ini Ada 9 Titik Demo Tolak Kenaikan BBM

Ilustrasi (twitter) 

WELFARE.id-Aksi unjuk rasa menuntut penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai terjadi. Mereka menentang Pemerintah yang menaikkan harga BBM per Sabtu (3/9/2022) lalu. 

Polisi menyebut ada sebanyak sembilan titik lokasi unjuk rasa di wilayah Jakarta Pusat yang digelar hari ini, Senin (5/8/2022).  "Ada sembilan titik, 19 elemen," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Purwanta kepada awak media, Senin (5/9/2022). 

Namun Purwanta tidak membeberkan dimana saja lokasi sembilan titik aksi dan juga jumlah massa yang turut melakukan aksi demonstrasi tersebut. Menurutnya, setiap titik memiliki jumlah massa yang berbeda. "Belum ada kepastian. Ada yang 100, terus nanti ada yang 60," kata Purwanta. 

Purwanta mengatakan, sejauh ini pihaknya belum melakukan rekayasa lalu lintas terkait aksi unjuk rasa penolakan kenaikan bahan bakar minyak di depan Istana Negera, Jakarta Pusat dan juga di depan Gedung DPR. Menurutnya rekayasa lalu lintas dilakukan secara situasional melihat kondisi di lapangan.  

"Tentatif (situasional) saja soalnya belum tentu ada nanti mengarahnya, kalau saya bilang nanti penutupan ke arah kanan atau kiri, nantinya nggak ke situ. Nanti lihat situasi lapangan saja tetapi intinya adalah tentatif dan pengendalian lebih soft saja," tandasnya. 

Namun adanya sembilan titik aksi unjuk rasa tersebut dibantah oleh Kabagops Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Saufi Salamon. Menurutnya, sembilan titik tersebut merupakan penempatan personel. Setidaknya pihaknya menurunkan 4.000 personel sebagai pengamanan. 

"Itu penempatan personel lalu lintas untuk mengatur lalu lintas. Demo sembilan titik nggak ada. (Personel) ada empat ribuan," terang Saufi Salamon. 

Sejumlah elemen masyarakat akan menggelar demo memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) siang ini. Selain di Patung Kuda dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM), massa akan berdemo di depan gedung DPR, Jakarta Pusat. 

Demo tersebut direncanakan dimulai pukul 13.00 WIB. Demo digelar oleh massa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). "Iya betul nanti sebagian teman-teman dari DKI Jakarta. Kemarin belum aksi semuanya ya dan ini sekarang aksinya," kata Ketum GMNI Arjuna Putra Aldino 

Arjuna mengatakan, pihaknya bakal sama-sama menggelar aksi dengan massa dari HMI. Ratusan orang diperkirakan mengikuti demonstrasi di depan gedung DPR hari ini. "Karena ini Jabodetabek ya sekitar 300 sampai 400 orang dan itu juga gabungan," tutur Arjuna. 

Menurut Arjuna, pihaknya akan menuntut pemerintah membatalkan kebijakan kenaikan harga BBM. Selain itu, dia memastikan tidak akan membuka ruang audiensi dengan perwakilan Dewan saat demo di depan gedung DPR hari ini. "Kita pure sampaikan pendapat. Tidak membuka ruang, tidak ada pembahasan," pungkasnya. (tim redaksi) 

#demonstrasi
#titikdemo
#demotolakkenaikanbbm
#demobbm
#mahasiswademo
#buruhdemo

Tidak ada komentar