Breaking News

Hampir Seluruh Parpol Miliki Data Ganda, KPU: Deadline Perbaikan hingga 28 September 2022

Gedung KPU. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sebanyak 24 partai politik (parpol) sudah melakukan verifikasi administrasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, hampir semuanya ketahuan memiliki keanggotaan ganda.

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, kegandaan anggota di antara Parpol tersebut disebut kegandaan eksternal. Ditemukan pada tahapan verifikasi administrasi yang berlangsung sejak 16 Agustus 2022 hingga 11 September 2022 kemarin.

"Yang jelas memang hampir seluruh partai politik memiliki kegandaan eksternal keanggotaan parpol," ujar Idham saat dikonfirmasi wartawan, dikutip Jumat (16/9/2022). Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI ini menegaskan, dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 4/2022 telah diatur mengenai kegandaan keanggotaan parpol.

Lebih jelas, Idham mengatakan bahwa dalam Pasal 38 ayat (4) PKPU 4/2022 dijelaskan mengenai proses verifikasi administrasi oleh KPU Kabupaten/Kota, apabila terdapat kegandaan eksternal kenggotaan parpol. Cara yang digunakan yakni meminta parpol menyerahkan surat pernyataan dari anggota parpol yang dokumennya ganda sehingga tidak memenuhi syarat tersebut.

Pun apabila surat pernyataan belum cukup memberikan kepastian mengenai status keanggotaan parpol bersangkutan, Pasal 39 ayat (1) PKPU 4/2022 memberikan kewenangan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk meminta parpol menghadirkan langsung anggota parpol yang tidak memenuhi syarat tersebut untuk dilakukan klarifikasi secara langsung. Jika dalam pelaksanaan klarifikasi secara langsung parpol tak dapat menghadirkan anggotanya yang statusnya tidak memenuhi syarat, maka dalam Pasal 40 ayat (4) ditegaskan, keanggotaan parpol dimaksud dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Kami persilakan parpol untuk memperbaiki dokumen pendaftarannya di masa perbaikan sesuai Keputusan KPU RI Nomor 346. Yakni, mulai hari ini hingga 28 September 2022 ke depan," tuntasnya. (tim redaksi)

#parpol
#partaipolitik
#kpu
#komisipemilihanumum
#verifikasiadministrasi
#anggotaganda
#dokumenpendaftaranparpol

Tidak ada komentar