Breaking News

Gempa Magnitudo 6,8 Guncang Sichuan, 7 Orang Tewas

Gempa di Sichuan (xinhua via AP) 

WELFARE id-Gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang wilayah Provinsi Sichuan, Tiongkok barat daya pada Senin (5/9/2022). Sementara ini, dilaporkan setidaknya ada tujuh korban meninggal dunia. 

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan kabar tersebut. Pihaknya menjelaskan, gempa pada kedalaman 10 kilometer menghantam sekitar 43 kilometer dari Kangding di Provinsi Sichuan. Getaran terasa hingga ke kota-kota terdekat seperti Chengdu dan Chongqing. Gempa bahkan dikabarkan mengguncang bangunan di Chengdu. 

Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok melaporkan bahwa pusat gempa bumi itu berada di kota Luding, yang berjarak 180 kilometer sebelah barat daya Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan. 

Media pemerintah melaporkan bahwa jalur komunikasi dengan Moxi, sebuah kota berpenduduk sekitar 7.000 orang di dekat pusat gempa, terputus setelah gempa. Menurut media CGTN, lebih dari 500 personel penyelamat telah dikirim ke wilayah pusat gempa. Media pemerintah melaporkan beberapa gempa susulan terjadi di daerah-daerah sekitar pusat gempa. 

Kota tersebut tengah menghadapi lockdown COVID-19. Alhasil, jutaan penduduk terjebak di rumah mereka. "Saya merasakannya dengan sangat kuat," ujar seorang warga Chengdu bermarga Chen, dikutip dari AFP. 

"Beberapa tetangga saya di lantai dasar mengatakan mereka merasakannya dengan sangat jelas," lanjut dia. 

Seorang penduduk Chongqing mengatakan, gempa membuat lampu dan perabotan apartemennya di lantai lima berayun-ayun. Pihak berwenang lantas mengerahkan lebih dari 500 personel ke pusat gempa. 

Saya sangat takut, tetapi (gempa) sepertinya tidak mengganggu orang di sini," sambungnya. 

Media pemerintah China, CCTV melaporkan, survei awal menunjukkan bahwa sejumlah kota di provinsi Sichuan telah mengalami "kerusakan serius pada perumahan akibat longsornya pegunungan, sementara jalur telekomunikasi terputus di beberapa daerah." 

Media lokal mencatat gempa susulan di daerah terdekat. USGS mengatakan, gempa berkekuatan 4,6 magnitudo melanda Tibet kurang dari sejam setelah gempa awal. 

Gempa bumi kerap terjadi di wilayah barat daya China. Sebab, daerah tersebut aktif secara seismik. Pada 2008, gempa berkekuatan 8 magnitudo menewaskan puluhan ribu orang di Wenchuan, Sichuan. 

Bencana itu kembali singgah di Chengdu pada Juni. Dua gempa bumi menewaskan sedikitnya empat orang dan mencederai puluhan lainnya di wilayah berpenduduk 21 juta orang tersebut. 

Wilayah barat daya juga sedang mengalami musim panas dengan cuaca ekstrem. Gelombang panas yang memecahkan rekor telah mengeringkan sungai-sungai di Chongqing. (tim redaksi) 

#gempa
#sichuan
#gempasichuan
#earthquake
#m6,8
#7tewas

Tidak ada komentar