Breaking News

Gejala Kanker Mulut Sering Tak Disadari, Sariawan hingga Pendarahan pada Dinding Mulut Lebih dari 2 Minggu

Sakit pada mulut. Foto: Ilustrasi/ Shutterstocks

WELFARE.id-Seringkali, kita abai terhadap gejala-gejala kecil dalam tubuh kita. Padahal, bisa jadi gejala awal itu adalah alarm tubuh kita untuk masalah kesehatan yang jauh lebih besar.

Seperti penyakit kanker mulut, yang awalnya dirasakan hanyalah sariawan biasa. Sariawan yang terlampau sering, ditambah sakit mulut berdarah atau nyeri yang menetap selama lebih dari beberapa minggu, jangan abaikan, kamu wajib ke dokter.

Luka yang berminggu-minggu yang dikira sariawan bisa berubah menjadi kanker mulut. "Kami melihat pasien sepanjang waktu yang mengalami iritasi di sekitar gigi mereka yang akhirnya menjadi kanker sel skuamosa, yang mungkin telah mengganggu mereka hingga satu tahun,” kata spesialis telinga, hidung dan tenggorokan  Brian Burkey, MD, MEd, melansir laman Cleveland Clinic, Kamis (22/9/2022).

Beberapa kanker mulut tidak terlihat jelas. Hal tersebut layaknya seperti sariawan biasa.

"Kabar baiknya adalah ketika diketahui lebih awal, kanker ini sangat, sangat dapat disembuhkan,” yakinnya. Menurutnya, deteksi dini sangat diperlukan untuk menyembuhkan kanker mulut. 

Berikut 7 gejala kanker mulut yang tak boleh diabaikan:

- Sakit mulut yang mengganggu.
- Luka berdarah di mulut yang tidak kunjung sembuh dan berlangsung lebih dari dua minggu.
- Pembengkakan di leher yang berlangsung lebih dari dua minggu.
- Area di mulut kamu berubah warna dan tetap seperti itu.
- Tetjadi benjolan atau penebalan di pipi yang tidak kunjung hilang.
- Perasaan konstan dari sesuatu yang tersangkut di tenggorokan atau perubahan suara yang berlangsung lebih dari dua minggu.

"Jika gejalanya berlangsung lebih dari dua minggu, periksakan ke dokter atau dokter gigi,” sarannya lagi. Selain mengamati gejala apa pun, penting untuk melakukan pemeriksaan kanker mulut secara teratur untuk mengetahui masalah pada tahap awal.

Cara mencegah kanker mulut

Mencegah kanker mulut sederhana, mulailah dengan berhenti merokok. Sekitar 90% orang dengan kanker mulut menggunakan tembakau, dan risikonya meningkat seiring dengan jumlah dan lamanya waktu yang mereka gunakan.

Tembakau paling erat kaitannya dengan kanker 'rongga mulut' khususnya, yang mempengaruhi mulut, termasuk bibir, gigi, dan gusi. Lakukan tindakan pencegahan terhadap HPV. 

Ada peningkatan dramatis pada kanker orofaringeal, atau kanker di amandel dan pangkal lidah yang terkait dengan virus papiloma manusia  (HPV). "Anda tidak dapat melihat area ini sendiri, jadi untuk menemukannya memerlukan pemeriksaan dari dokter telinga, hidung, dan tenggorokan.

HPV adalah penyakit menular seksual dan dapat dicegah dengan vaksin dan/atau tindakan pencegahan seks aman yang sesuai, tergantung pada usia seseorang," ulasnya lagi.

The American Dental Association merekomendasikan  untuk melakukan diet yang diisi dengan banyak air, sayuran, biji-bijian, buah-buahan, dan protein tanpa lemak.

Pastikan untuk menghindari makanan manis dan makanan ringan untuk membantu menjauhkan bakteri berbahaya dalam mulut. (tim redaksi)

#gejalakankermulut
#sariawan
#pendarahanpadamulut
#sakitpadatenggorokan
#stopmerokok
#gejalaawal
#deteksidini
#pedulikesehatanmulut

Tidak ada komentar