Breaking News

Elkan Baggott Kembali ke Timnas, Akui Bangga Bela Merah Putih

Elkan Baggott saat laga Gillingham FC vs Walsall di League Two, Sabtu (20/8/2022) lalu. Foto: Istimewa/ Twitter @thegillsfc

WELFARE.id-Elkan Baggott kembali ke tanah air. Ia kembali dipanggil pelatih Timnas Shin Tae Yong untuk memperkuat skuad garuda.

Ia mengaku bangga, bisa kembali memperkuat Timnas di laga FIFA Matchday kontra Curacao. Baggott mengaku selalu siap membela merah putih.

Hal itu disampaikan Elkan Baggott ketika menjadi bintang tamu dalam podcast "433: The Home of Football" yang tayang pada Selasa (20/9/2022). "Target pertama saya untuk Timnas Indonesia adalah lolos dari fase grup Piala Asia. Kedua adalah juara Piala AFF. Seperti yang Anda tahu, kami hampir memenangkannya," kata Elkan Baggott, dikutip Kamis (22/9/2022).

Meski punya target besar, Elkan Baggott menegaskan hal itu merupakan target jangka pendek. Ia percaya Timnas Indonesia bisa meraih prestasi lebih tinggi mengingat tim kini dibangun dengan para pemain muda.

"Kami kalah dari Thailand (di final Piala AFF 2020), tapi itu adalah target jangka pendek saya. Dengan pemain-pemain muda yang ada, kami yakin pada masa mendatang, jika kami bermain lebih sering, kami akan jauh lebih kuat dan bisa bersaing,” yakinnya.

Baggott merupakan pilar penting Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong sejak bersedia membela lambang garuda di dada dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada November tahun lalu. Bek 19 tahun itu sudah bermain untuk Timnas Indonesia U-19, U-23, dan senior. 

Dia menjadi andalan di lini belakang skuad Garuda termasuk ketika jadi runner-up Piala AFF 2020 lalu. Selain lihai menjaga pertahanan, pemain bertinggi badan 1,93 meter itu pun kerap membantu Timnas Indonesia lewat insting golnya yang cukup mumpuni. 

Ia akan bergabung saat Indonesia kontra Curacao di FIFA Matchday September 2022. Sekadar diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao dalam dua pertemuan, tepatnya pada 24 dan 27 September 2022.

Untuk menghadapi laga ini, pelatih Shin sudah menggelar pemusatan latihan sejak Senin, 19 September 2022 lalu. Di sesi latihan kemarin, ada 19 pemain yang hadir, dari 23 nama yang dipanggil Shin Tae Yong. 

Mengutip dari akun Twitter @PSSI, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, dan Marselino Ferdinan sudah terlihat berlatih. Curacao bukan klub sembarangan. 

Curacao kini menempati peringkat 84 dunia. Sejumlah pemain Curacao mentas di kompetisi top Eropa. Sebut saja Vurnon Anita (RKC Waalkwijk), Rangelo Janga (CFR Cluj), Juninho Bacuna (Birmingham City), dan Kenji Gorre (Boavista).

Menarik menanti duel Elkan Baggott dan Rangelo Janga. Dua pemain ini memiliki postur tinggi besar sehingga duel bawah dan atas antara keduanya diprediksi bakal intens sepanjang pertandingan.

Sekilas Elkan Baggott

Elkan Baggott tengah memperjuangkan kariernya di Inggris. Dia saat ini membela klub kasta keempat sepak bola Inggris (League Two), Gillingham FC.

Di Gillingham FC, ia berstatus sebagai pemain pinjaman. Klub asli bek 19 tahun itu adalah Ipswich Town, tim yang saat ini bermain di League One alias kasta ketiga Liga Inggris.

Penampilannya sejauh ini cukup impresif bersama Gillingham FC. Ia tercatat sudah tampil dalam 12 pertandingan di semua kompetisi dan selalu bermain penuh dalam periode tersebut. (tim redaksi)

#timnasindonesia
#sepakbola
#elkanbaggott
#gillinghamfc
#indonesiavscuracao
#persiapanfifamatchday2022
#pelatihshintaeyong

Tidak ada komentar