Breaking News

Dua Produk ABC Ditarik Singapura, Ini Penjelasan BPOM

Produk kecap manis ABC buatan Indonesia yang ditarik peredarannya di Singapura. Foto: net

WELFARE.id-Penarikan dua produk kecap manis dan saus sambal ayam merek ABC oleh otoritas Keamanan Pangan Singapura (Singapore Food Agency/SFA), Kamis (8/9/2022) jadi perhatian serius.

Terkait dengan masalah itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI memastikan bahwa kedua produk tersebut sudah sesuai standar keamanan pangan.

"Kedua produk tersebut telah dilakukan evaluasi keamanan dan mutu produk, antara lain melalui evaluasi hasil pengujian sehingga mendapatkan izin edar BPOM dan beredar di Indonesia. 

Hasil pengawasan BPOM terhadap label kedua produk di peredaran telah sesuai dengan persetujuan BPOM, termasuk telah tercantum informasi alergen sulfit dan BTP pengawet benzoat," tulis BPOM dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/9).

Namun, BPOM menyayangkan informasi alergen sulfit pada produk yang beredar di Negeri Singa tidak tercantum. Ternyata, informasi tersebut tertutup dengan label berbahasa Inggris yang tidak lengkap. Termasuk tidak mencantumkan informasi alergen sulfit dan penggunaan BTP pengawet benzoat.

BPOM juga menegaskan kedua produk tersebut tidak terkait langsung dengan PT Heinz ABC Indonesia sebagai produsen. Menurut BPOM, kedua produk tersebut tidak diekspor menggunakan Surat Keterangan Ekspor (SKE) BPOM karena SFA tidak mewajibkan SKE baik berupa Health Certificate atau Certificate of Free Sale untuk setiap pemasukan produk pangan ke Singapura.

"BPOM memberikan peringatan kepada produsen dan eksportir untuk memastikan penggunaan label produk yang diekspor sesuai ketentuan negara tujuan ekspor," jelas juga badan pengawas makanan itu lagi.

"BPOM secara terus-menerus melakukan monitoring dan pengawasan pre-market dan post-market terhadap sarana dan produk pangan olahan, termasuk pengawasan label dan melakukan pengujian produk yang beredar untuk perlindungan terhadap kesehatan masyarakat," tandasnya juga. (tim redaksi)

#bpom
#kecapmanis
#saussambal 
#abc
#penarikanproduk
#otoritaskeamananpangansingapura 
#singaporefoodagency

Tidak ada komentar