Breaking News

Dituding Bantu Hacker Bjorka, Pemuda Madiun yang Ditangkap Polisi Jadi Tersangka

Juru Bicara Humas Polri Kombespol Ade Yaya Suryana. Foto: net

WELFARE.id-Setelah 1×24 jam ditangkap, akhirnya Mabes Polri mengungkapkan peran pemuda asal Madiun, Jawa Timur, Muhammad Agung Hidayatullah, 21, alias MAH, yang ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus peretasan hacker anonim Bjorka.

Juru Bicara Humas Polri Kombespol Ade Yaya Suryana mengatakan MAH diduga terlibat membantu hacker Bjorka dengan membuat channel Bjorkanism di Telegram.

"Peran tersangka merupakan bagian dari kelompok hacker Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel telegram, dengan nama channel Bjorkanism," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (16/9/2022).

Ade juga menjelaskan lewat channel Telegram tersebut, tersangka mengunggah sejumlah informasi yang berkaitan dengan Bjorka. Polisi mencatat ada tiga unggahan MAH di channel Bjorkanism, yaitu pada 8, 9, dan 10 September 2022.

"Postingan pada tanggal 8 September 2022, 'stop being idiot'. Lalu pada tanggal 9 September 2022 'the next leaks will come from the President of Indonesia'," ujarnya.

Kemudian, pada 10 September 2022, MAH juga mengunggah tulisan, 'to support people who has stabbling by holding demonstration in Indonesia regarding the price fuel oil, I will publish MyPertamina database soon'.

Meski begitu, Mabes Polri masih belum membeberkan pasal-pasal yang menjerat MAH. Ade juga mengatakan saat ini MAH masih diperiksa dan belum secara resmi ditahan.

Untuk diketahui, MAH sebelumnya ditangkap polisi dan diperiksa di Mapolsek Dagangan. Namun, ia kemudian dipulangkan ke rumah orang tuanya di Desa Banjaransari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. MAH yang lulusan madrasah aliyah negeri (MAN) pada 2020 lalu di daerahnya itu selama ini dikenal sebagai pedagang es. (tim redaksi)


#penangkapan
#hacker
#bjorka
#kakitangan
#mabespolri
#pembobolandata

Tidak ada komentar