Breaking News

Dirawat di ICU RS Malaysia karena Sesak Napas, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Diduga Terinfeksi COVID-19

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kabar kurang mengenakkan datang dari Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Ia dikabarkan mengalami sesak napas saat berada di dalam pesawat untuk menuju Malaysia.

Hal itu dibenarkan oleh Widi Agoes Pratikto, yang merupakan guru besar Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) dalam pernyataannya. "Bapak Prof Azyumardi Azra, beliau mengalami sesak napas di pesawat dalam perjalanan ke Malaysia,” tulisnya, dikutip Sabtu (17/9/2022).

Ia juga menyampaikan bahwa Azyumardi telah dibawa ke rumah sakit di Malaysia. Sempat beredar foto yang menampilkan Azyumardi di dalam pesawat.

Ia tampak mengenakan kantong oksigen untuk membuat keadaannya tetap stabil. "Semoga cepat tertangani dan sembuh kembali Prof Azra. Kami ikut prihatin dan berdoa semoga Allah SWT memberi kesembuhan total dan keafiatan. Syafakumullah syifaan ‘ajilan. Semoga sakit ini bahagiaan penebus dosa,” tambahnya.

Dosen ITS Surabaya ini juga menyampaikan doa bagi keluarga Azyumardi untuk diberikan kesabaran dalam menjaga beliau. Sebagaimana diketahui, Azyumardi adalah akademisi Muslim asal Indonesia. 

Ia juga dikenal sebagai cendekiawan muslim. Menurut Dubes RI untuk Malaysia Hermono, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada periode 1998-2006 tersebut saat ini masih mendapatkan perawatan di ICU dan belum dapat ditemui. 

Azyumardi menurut Hermono, akan dipindahkan ke rumah sakit di Kuala Lumpur, namun masih menunggu konfirmasi dari pihak rumah sakit yang akan menerima pasien.

"Menurut pihak rumah sakit, beliau dirawat di ruang zona merah yang lazimnya digunakan untuk perawatan pasien terinfeksi Covid-19,” kata Hermono. Sementara itu, Wakil Presiden Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) Muhammad Shazni yang bertugas menjemput Azyumardi di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) mengatakan, bahwa pada pukul 15.33 waktu setempat ia masih sempat berkomunikasi lewat Whatsapp.

Shazni mengatakan setelah sampai di Rumah Sakit Selangor dan menjalani tes, dokter menyampaikan bahwa Azyumardi positif COVID-19 dan segera mendapat perawatan dengan ventilator di ruang ICU. Selain itu, menurut Shazni, saat ini Azyumardi sedang diinkubasi dan diistirahatkan untuk dipantau secara intensif oleh tim medis.

Menurut anggota Dewan Pers Arif Zulkifli, Prof Azyumardi ke Kuala Lumpur untuk memenuhi undangan tokoh politik Malaysia Anwar Ibrahim. Azyumardi, yang juga cendekiawan muslim, terpilih sebagai Ketua Dewan Pers periode 2022-2025. (tim redaksi)

#azyumardiazra
#ketuadewanpers
#dirawatdimalaysia
#didugaterinfeksicovid19
#icu
#cendekiawanmuslim

Tidak ada komentar