Breaking News

Diminta DPRD Usulkan Tiga Nama Pj Gubernur, Wagub DKI: Kami segera Serahkan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto: net

WELFARE.id-Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tinggal menghitung hari. Karena itu, DPRD DKI Jakarta meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajukan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

Menanggapi permintaan itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mengungkapkan Pemprov DKI akan menyerahkan keputusan soal usulan tiga nama Pj Gubernur Jakarta ke DPRD DKI. 

Untuk diketahui, pemberhentian masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI akan diumumkan oleh DPRD DKI pada 13 September 2022 mendatang. ”Ya itu sudah diatur bahwa DPRD DKI diberi kesempatan untuk mengusulkan tiga nama,” terang Riza, Kamis (1/9/2022). 

Dia juga menambahkan, pengusulan tiga nama itu dipastikan sesuai dengan syarat dan aturan yang ada. Menurut dia, pihaknya dan Pemprov DKI akan menghormati keputusan tersebut. 

Setelah dilakukan rapat internal, katanya, usulan nama penjabat akan diserahkan kepada DPRD DKI. Riza menyebut akan menggunakan waktu tersisa untuk mengerjakan sisa-sisa tugas sebelum pengumuman pemberhentian pada 13 September dan selesainya masa tugas pada 16 Oktober mendatang.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menanggapi rencana pengumuman pemberhentian dirinya sebagai DKI 1 yang dilakukan DPRD DKI pada 13 September 2022. 

Menurut Anies, kegiatan itu merupakan hal wajar, mengingat manusia mengenal siklus awal dan akhir.

”Kita semua ada datang dan pergi. Itu sesuatu yang sejak kita masih kecil adalah yang terbiasa saja,” kata Anies, Kamis (1/9/2022). 

Dia juga mengatakan, meski ada penggantinya nanti yakni Pj Gubernur DKI Jakarta, pembangunan di Ibu Kota yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) terus dilakukan hingga 2026.

Sehingga, katanya juga, siapa pun yang menjabat Gubernur DKI Jakarta nantinya tidak perlu khawatir. Hal itu mengingat adanya rencana yang telah dibentuk sedemikian rupa terkait pembangunan Jakarta ke depannya. 

"RPJMD itulah pegangan bagi siapapun yang memimpin di institusi apapun, termasuk di Jakarta. Pembangunan Jakarta akan terus berjalan," cetus Anies juga. (tim redaksi)


#gubernurdkijakarta
#aniesbaswedan
#akhirmasajabatan
#pjgubernur
#dprddkijakarta
#wagubdki
#ahmadrizapatria

Tidak ada komentar