Breaking News

Dampak Invasi ke Ukraina, Timnas Rusia Dilarang Ikut Kualifikasi Euro 2024

Tropi Kejuaraan Sepakbola Eropa atau UEFA 2024 dipamerkan jelang proses pengundian. Foto: Reuters

WELFARE.id-Hukuman terhadap Rusia dampak serangannya ke negara tetangganya, Ukraina berdampak dalam dunia olahraga. Salah satunya larangan mengikuti kejuaraan sepakbola. 

UEFA dan sejumlah federasi sepak bola Eropa telah mengkonfirmasi pada Selasa (20/9/2022), bahwa Rusia tidak akan ambil bagian dalam undian kualifikasi Euro 2024 yang bakal dihelat di Jerman.

Tim nasional (timnas) Rusia dan klub sepakbola asal Rusia dilarang mengikuti kompetisi internasional awal tahun ini oleh UEFA menyusul invasi negara itu ke Ukraina.

”Semua tim sepakbola Rusia saat ini ditangguhkan menyusul keputusan Komite Eksekutif UEFA pada 28 Februari 2022 yang telah dikonfirmasi lebih lanjut oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada 15 Juli 2022," terang badan sepak bola Eropa itu dalam sebuah pernyataan resminya, dikutip Themoscowtimes, Selasa (20/9/2022).

"Rusia tidak termasuk dalam undian kualifikasi Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2022-24," bunyi pernyataan itu juga.

Sebelumnya Rusia mengajukan banding terhadap larangan bermain di liga Eropa dan kompetisi internasional yang ditolak oleh CAS pada bulan Juli lalu.

”Pihak Uni Eropa saat ini sedang menunggu teks lengkap dari keputusan CAS, setelah mempelajari keputusan yang akan dibuat lebih lanjut," kata Persatuan Sepak Bola Rusia.

Selain itu, Rusia juga dilarang mengikuti kompetisi Piala Dunia mendatang di Qatar oleh FIFA. Tim nasional Rusia ini awalnya lolos ke babak playoff kualifikasi Eropa.

Tim putri sepakbola Rusia juga tidak diperbolehkan mengikuti kejuaraan Euro tahun ini yang bakal digelar di Inggris. Akibatnya, posisi timnas putri Rusia diambil oleh Portugal.

Untuk diketahui, Kejuaraan Eropa 2024 akan diselenggarakan di Jerman, dan undian kualifikasi ditetapkan pada 9 Oktober 2022 di Kota Frankfurt.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jerman juga telah meminta kepada UEFA dan federasi sepak bola Eropa agar juga melarang Belarusia ikut dari turnamen itu karena mendukung invasi Rusia. (tim redaksi)


#olahraga
#sepakbola
#rusia
#uefa
#federasisepakbolaeropa
#jerman
#fifa

Tidak ada komentar