Breaking News

Cuaca Ekstrem, Warga Lebak Diminta Waspadai Empat Ruas Jalan Rawan Longsor

Ilustrasi tanah longsor. Foto: net

WELFARE.id-Hujan deras dan angin kencang yang melanda  Provinsi Banten membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak siaga.

Pasalnya, empat ruas jalan di daerah itu rawan longsor. Hal itu karena lokasinya di perbukitan dan daerah aliran sungai.

"Kami tidak henti-hentinya mengimbau pengemudi kendaraan agar waspada jika cuaca buruk saat melintasi empat ruas jalan itu," kata Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama, Jumat (23/9/2022).

Empat ruas jalan yang dipetakan rawan longsor itu adalah pertama sepanjang Malingping-Bayah- Cibeber, kedua Cipanas-Lebakgedong-Citorek dan Warung Banten. Ketiga ruas jalan Rangkasbitung-Cimarga-Leuwidamar, dan keempat Sajira-Muncang-Sobang. 

Untuk diketahui, selama ini keempat ruas jalan tersebut jika hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir kerapkali terjadi longsor.

Bahkan, tiga hari yang lalu ruas jalan Cipanas-Warung Banten longsor hingga material tanah menutupi badan jalan dengan ketinggian 1,5 meter. Longsor di jalan itu, karena merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

"Kami minta pengemudi kendaraan roda empat maupun roda dua, jika hujan lebat sebaiknya istirahat dan menghentikan perjalanan guna mencegah longsor dan pohon tumbang," kata Febby juga.

Menurut dia juga, berdasarkan laporan BMKG saat ini sudah memasuki musim peralihan dari musim kemarau basah ke musim hujan. Biasanya, peralihan musim itu ditandai curah hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir.

Karena itu, BPBD Kabupaten Lebak meminta petani jika berlangsung hujan lebat disertai sambaran petir atau kilat dan angin kencang agar tidak berada di areal persawahaan maupun tanah lapang. Pasalnya, berada di areal persawahan, tanah lapang dan ladang sangat berbahaya karena bisa tersambar petir.

"Pengalaman itu kerapkali terjadi, sehingga petani jika cuaca buruk lebih mengungsi ketempat yang aman," tandas Febby juga. (tim redaksi)


#bencanaalam
#musimperalihan
#musimhujan
#longsor
#bpbdlebak
#siagabencana

Tidak ada komentar