Breaking News

Cegah Risiko Kerusakan Telinga Saat Pakai Earbuds dan Headphone, Produk Baru Yamaha Benamkan Fitur Keren Ini

Peluncuran earbuds PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (YMID) untuk penggunaan sport TW-ES5A dan mode casual TW-E3B di Jakarta, Kamis (8/9/2022). Foto: WELFARE.ID

WELFARE.id-Earbuds dan headphone dalam penggunaan sehari-hari tak lagi menjadi benda asing bagi warga perkotaan. Gaya hidup dinamis, menuntut setiap orang untuk bergerak tapi tetap terkoneksi.

Hampir di setiap kesempatan, semisal di kereta, naik motor, bersepeda, nge-gym, hingga di kantor pun, dengan mudah kita temukan orang yang menggunakan earbuds wireless. Saking melekatnya benda kecil itu di telinga kita, tanpa disadari, ada ancaman nyata bagi kesehatan pendengaran. 

Jika tak pandai memilih produk earbuds yang tepat, salah-salah kerusakan gendang telinga yang didapat. Berdasarkan laporan yang dibuat World Health Organization (WHO) pada 2019, WHO memperikarkan lebih dari 1 miliar anak muda berada di dalam risiko mengalami kehilangan pendengaran secara permanen, karena penggunaan earbuds dan headphone dengan volume tinggi dan dalam jangka waktu yang lama. 

Telinga manusia memiliki respons yang tidak terlalu peka terhadap frekuensi rendah (bass) dan frekuensi tinggi (treble). "Sehingga untuk mendengar keseluruhan frekuensi, cenderung harus mendengarkan dengan level/ volume yang tinggi," jelas Manager Marketing & Technical Marketing Audio Division Ryan Indra Kusumah, saat peluncuran earbuds TW-ES5A dan TW-E3B PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (YMID) di Jakarta, Kamis (8/9/2022). 

Perusahaan asal Jepang itu pun melakukan riset agar konsumen bisa tetap aktif beraktivitas tanpa dihantui risiko kehilangan pendengaran secara permanen.  Maka dibenamkanlah fitur Listening Care dalam produk earbuds mereka. 

"Cukup dengan mengaktifkan fitur Listening Care, pengguna dapat mendengarkan keseluruhan frekuensi bunyi dari rendah hingga tinggi, walaupun dalam tingkat level (volume) yang rendah sekalipun," terangnya lagi. Keunggulan lain yang cocok juga dipakai konsumen Indonesia, adalah penyematan fitur ambient noise. 

Sekalipun tipe TW-ES5A didesain untuk aktivitas olah raga, ada kalanya juga earphone ini digunakan sebagai earphone yang menemani keseharian pengguna. "Teknologi Qualcomm® cVc™ (Clear Voice Capture) yang menyajikan noise suppression dan echo cancelling memastikan suara yang “crystal clear” saat digunakan berkomunikasi. Fitur ini sangat penting, supaya jika dipakai saat berkendara atau bersepeda, pemakainya bisa tetap aware dengan lingkungan sekitar. Tanpa harus meningkatkan volume, suara yang didengar tetap jernih. Jadi diharapkan bisa menekan risiko kecelakaan juga," ulas Ryan lagi.

YMID meluncurkan 2 model tambahan True Wireless Earbuds untuk dipasarkan di pasar Indonesia, setelah sebelumnya aktif memperkenalkan beberapa tipe earphone dan headphone untuk konsumen RI, yaitu, TW-E3A (True Wireless Earbuds), EPE-E30A (Wireless Earphone), dan YH-E500A (Wireless Headphone). Meski persaingan di pasar earbuds dan headphone cukup kencang, namun GM Audio Group PT YMID Kenichi Hiwasa tetap optimistis, konsumen dapat menerima kehadiran produk earphone & headphone Yamaha. (tim redaksi)

#yamahamusicindonesiadistributor
#earbuds
#headphone
#gayahidupdinamis
#gangguanpendengaran
#kesehatangendangtelinga
#who
#ymid
#yamahamusic
#fiturlisteningcare

Tidak ada komentar