Breaking News

Buntut Merayakan Ultah Saat Demo Kenaikan BBM, Puan Dilaporkan ke MKD

Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Ketua DPR RI Puan Maharani akan dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, buntut merayakan ulang tahun saat Sidang Paripurna. Bukan masalah merayakan ultahnya, tapi Puan dinilai tidak peka, karena merayakan ultah di saat terjadi aksi besar-besaran massa buruh tolak kenaikan BBM. 

Maka itu, Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi (Kamaksi) Joko Priyoski pun mendesak Puan untuk minta maaf. Ia juga mendesak, agar Ketua DPR RI itu diberikan sanksi oleh MKD lantaran dugaan pelanggaran etik.

"Hari ini (kemarin, Red) saya datang atas nama pribadi. Hari ini kami melaporkan Puan Maharani ke MKD RI atas viralnya video perayaan ultah di tanggal 6 yang lalu," kata Joko, dikutip Selasa (13/9/2022).

Ia menyesalkan, sikap Puan ketika massa banyak berdemo di depan Gedung DPR RI terkait penolakan BBM justru tidak ditemui oleh Puan. "Di saat massa buruh berunjuk rasa tapi beliau bukannya menerima perwakilan pengunjuk rasa, malah melakukan euforia di dalam gedung," kritiknya.

"Jadi, anggap saja laporan saya ini bagian dari otokritik kami terhadap ibu ketua DPR. Anggap saja sebagai kritik yang sifatnya konstruktif," sambungnya.

Soal kenaikan harga BBM yang banyak diprotes oleh publik, Joko menyoroti sikap Puan yang menurutnya, hanya lip service saja.

"Dan jangan juga beliau hanya sekadar lip service atau jargon semata ketika beliau bilang meresapi, ikut merasakan. Tapi harus diaktualisasikan dalam sikap beliau sebagai ketua DPR. Agar ikut mendesak pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM," desaknya.

Lebih lanjut, ia pun berharap dengan adanya laporan ini nanti Puan bisa menyampaikan permohonan maafnya. Terlebih diharapkan MKD memproses laporan tersebut.

"Kami mendesak MKD untuk memberikan, minimal teguran syukur-syukur sanksi. Itu kan domainnya MKD. Karena kami yakin tidak ada yang kebal apa pun termasuk kebal hukum atau kode etik. Kedua, kami meminta ibu Puan Maharani meminta maaf," tuntasnya. (tim redaksi)

#puanmaharani
#mkd
#mahkamahkehormatandewan
#ketuadprri
#puandilaporkankemkd
#sanksikodeetik
#perayaanultahpuan
#demokenaikanbbm

Tidak ada komentar