Breaking News

Beredar Kabar Pemerintah Batalkan Wacana Penghapusan Honorer Tahun 2023

Ilustrasi PNS saat apel pagi. Foto: net

WELFARE.id-Wacana penghapusan tenaga honorer pada tahun 2023 sempat digaungkan pemerintah. Bahkan Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) sudah meminta pemerintah daerah (pemda) menyetop rekruitmen tenaga honorer. 

Wacana penghapusan tenaga honorer sempat menjadi perbincangan dan pro kontra di tengah masyarakat. Pasalnya, banyak instansi pemerintahan di daerah yang banyak menggunakan tenaga honorer.

Menurut pemerintah, penghapusan honorer ini adalah bagian dari langkah pemerintah untuk membangun ASN yang profesional.
Meski begitu, penghapusan ini dirasa memberatkan pemerintah daerah (pemda) yang diketahui banyak mempekerjakan tenaga honorer.

Menyikapi itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas yang belum sebulan dilantik dikabarkan tengah menyiapkan solusi akan permasalahan tersebut.

Ia menuturkan pemerintah daerah boleh merekrut tenaga honorer baru hingga masa jabatan kepala daerahnya berakhir sebagaimana dirangkum dari kanal YouTube INFO HARIAN GURU DAN ASN, Senin (19/9/2022).

Kanal YouTube ini diketahui mengutip informasi pernyataan Menpan-RB Abdullah Aswar Anas dalam rapat bersama Komisi I DPR RI

Tapi solusi ini belum ditetapkan secara resmi, masih dalam tahap pembahasan lebih lanjut. Solusi ini menjadi alternatif jangka pendek, dibandingkan membuat aturan yang ketat dimana masih dilanggar oleh pemda.

Menurut Anas juga, jika kebijakan itu dipaksakan, maka akan tetap ada kepala daerah yang akan tetap merekrut tenaga honorer dengan cara sembunyi-sembunyi.

Sebagaimana didapat dari pengalamannya saat menjabat menjadi Bupati Banyuwangi dua periode, tahun 2010-2021. "Jadi buat apa kita buat pagar pembatas tinggi-tinggi kalau pagar itu akhirnya diloncati," ujarnya lagi.

Selain itu juga, Anas akan mencari solusi jalan tengah terkait penghapusan keberadaan tenaga honorer ini. Menurutnya, jalan tengah dinilai akan lebih efektif.

Saat ini pemerintah sedang melakukan proses pendataan tenaha honorer seluruh instansi pemerintahan di pusat dan daerah. 

Karo Hukum, Komunikasi, Informasi Publik Kemen PAN-RB Mohammad Averouce mengatakan saat ini belum ada kebijakan yang resmi mengenai rencana pembatalan penghapusan tenaga honorer 2023.

”Belum ada kebijakan tersebut (pembatalan penghapusan honorer 2023), berkenan cek dirilis menpan.go.id kita terus berkolaborasi stakeholder berkolaborasi,” ucapnya, Selasa (20/9/2022).

Sedangkan Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Satya Pratama mengatakan pihaknya belum bisa berkomentar terkait hal tersebut.

”Silakan konfirmasi ke Kemenpan RB. Kalau kami belum bisa berkomentar,” terang Satya. Meski demikian, Satya menegaskan bahwa BKN akan mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh Kemenpan RB. (tim redaksi)


#tenagahonorer
#kemenpanrb
#bkn
#tenagabantuan
#pns
#penghapusan
#pemda

Tidak ada komentar