Breaking News

Benarkan Protein Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Cek Faktanya

Ilustrasi menurunkan berat badan dengan konsumsi kalori. Foto: net

WELFARE.id-Protein termasuk makronutrien yang banyak memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Satu diantaranya, protein membantu menjaga massa otot dan menurunkan berat badan seseorang.

Menurut pakar gizi Jinan Banna, protein disinyalir bisa menurunkan berat badan seseorang lantaran membuat merasa kenyang, sehingga tidak ingin makan berlebihan.

Berdasarkan ulasan dalam Frontiers in Endocrinology seperti disiarkan Livescience, diet tinggi protein bisa menciptakan massa otot tanpa lemak, selain dapat membantu seseorang tetap kenyang lebih lama.

Selain itu, diet tinggi protein juga membantu mempertahankan penurunan berat badan untuk waktu yang lebih lama.

Di sisi lain, dalam satu studi yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan jika diet protein tinggi menyebabkan pengeluaran energi lebih tinggi. 

Sehingga, dipercaya bakal lebih banyak berat tubuh yang bisa diturunkan. ”Studi kami membuktikan jumlah kalori yang sama tetapi dari diet yang berbeda dapat menimbulkan respons yang berbeda dalam metabolisme energi," kata penulis studi Carla Prado dan Camila Pinto.

Sementara itu dalam studi lain di Nutrition Journal, wanita muda sehat cenderung menyantap lebih sedikit makanan ringan di antara waktu makan, ketika mengikuti diet protein tinggi.

Selain itu, tubuh merasa lebih sulit untuk menyimpan protein sebagai lemak. Sehingga, dengan mengonsumsi makanan dengan lebih banyak protein, seseorang mungkin menemukan tubuhnya menyimpan lebih sedikit lemak dari waktu ke waktu.

Lalu berapa banyak protein yang harus dimakan? Tidak ada jumlah proteinyang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi, menurut sebuah penelitian dalam Nutrients, rata-rata orang mengonsumsi protein sekitar 0,8 g per kilogram berat badan setiap harinya.

Bagi orang yang berolahraga secara teratur, jumlah protein yang disarankan dikonsumsi ditingkatkan menjadi 1,2-1,7g per kilogram berat badan.

Sementara itu, pakar kesehatan menyarankan agar seseorang meningkatkan asupan protein secara perlahan dengan mengganti makanan olahan, karbohidrat atau lemak berlebih dengan makanan kaya protein. (tim redaksi)

#diet
#protein
#turunkanberattubuh
#beratbadan
#asupangizi

Tidak ada komentar