Breaking News

Begini Riwayat Kesehatan Ratu Elizabeth II hingga Kematian Menjemput

Pemimpin Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II. Foto: AP

WELFARE.id-Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II jadi perhatian dunia. Sebelum meninggal dunia, bagaimana kondisi kesehatan Ratu Elizabeth?
Adakah riwayat penyakit tertentu?

Untuk diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96 tahun, setelah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Skotlandia pada Kamis (8/9/2022).

"Ini adalah hari paling menyedihkan di negara kita. Di hati kita masing-masing, ada rasa sakit atas meninggalnya Ratu kita, rasa kehilangan yang mendalam," terang mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari laman Healthline, Sabtu (10/9/2022), Istana Buckingham mengumumkan bahwa sang Ratu meninggal di kediaman musim panasnya, Kastil Balmoral di Skotlandia.

Saat masa kritisnya, para anggota keluarga kerajaan pun bergegas ke Skotlandia untuk berada di sisinya pada momen-momen terakhirnya setelah kesehatannya kian memburuk.

Kesehatan Ratu Elizabeth II telah menurun selama 11 bulan sejak merayakan 70 tahun pemerintahannya beberapa waktu lalu. Dia berada di bawah pengawasan medis Balmoral di Skotlandia. 

Dilansir dari Newsweek, Jumat (9/9/2022), perjuangan kesehatan Ratu Elizabeth II dimulai pada Oktober 2021 dengan ketakutan yang tidak dijelaskan. Kondisi ini memaksanya untuk membatalkan kunjungan yang direncanakan ke Irlandia Utara. 

Ratu kemudian membatalkan perjalanan lebih lanjut ke Glasgow. Di mana dia akan mengambil bagian dalam konferensi perubahan iklim COP26 pada bulan November. 

Punggung yang terkilir mencegah ratu muncul di acara-acara peringatan Inggris bulan itu. Ini merupakan sebuah hal yang tidak akan dia batalkan dengan mudah setelah hidup melalui Perang Dunia Kedua. 

Namun, Ratu Elizabeth II tampak dalam kesehatan yang baik saat Natal. Saat itu, dia menyampaikan salah satu pidatonya yang paling emosional, mengenang mendiang suaminya, Pangeran Philip. 

Pada bulan Februari dia dinyatakan positif COVID-19 dan pulih setelah mengalami gejala seperti flu ringan. Tapi masalah mobilitas episodik terus mendominasi tahun itu. 

Yang paling menonjol, Ratu Elizabeth II tidak dapat menghadiri pembukaan parlemen negara bagian untuk membacakan Pidato Ratu pada Mei 2022, dan Pangeran Charles membacakan pidato menggantikannya. 

"Ratu terus mengalami masalah mobilitas episodik, dan dalam konsultasi dengan dokternya dengan enggan memutuskan bahwa dia tidak akan menghadiri pembukaan parlemen negara besok," kata Istana Buckingham. 

"Atas permintaan Yang Mulia, dan dengan persetujuan otoritas terkait, Pangeran Wales akan membacakan pidato Ratu atas nama Yang Mulia, dengan kehadiran Duke of Cambridge juga," paparnya juga. 

Pada perayaan Platinum Jubilee, Ratu Elizabeth II melewatkan sejumlah acara. Termasuk di antaranya Layanan Nasional Thanksgiving yang diadakan untuk menghormatinya di Katedral St. Paul, pada 3 Juni 2022 lalu. 

Namun, dia berhasil menghadiri parade ulang tahun Trooping the Color. Dia memberi hormat dari balkon Istana Buckingham alih-alih di lapangan parade karena kesehatannya. 

Sang ratu menyalakan suar Platinum Jubilee tetapi tidak dapat menghadiri pacuan kuda di Epsom Derby, meskipun dia sangat menyukai olahraga ini. Namun, dia membuat penampilan balkon kedua pada hari Minggu, 5 Juni 2022, saat publik yang memujanya berkumpul untuk merayakan Raja terlama dalam sejarah Inggris. 

Saat musim panas berlalu, Ratu Elizabeth II melakukan perjalanan tahunannya ke Skotlandia, di mana dia tinggal di Kastil Balmoral. Kastil Bakmoral merupakan sebuah perkebunan yang penuh dengan kenangan akan suaminya, Pangeran Philip. 

Di sana mereka sering mengadakan barbekyu selama istirahat keluarga. Di Balmoral sang Ratu berada di bawah pengawasan medis dan keluarganya berada di sisinya. 

”Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu prihatin dengan kesehatan Yang Mulia dan telah merekomendasikan dia tetap di bawah pengawasan medis. Ratu tetap nyaman dan berada di Balmoral," jelas Istana Buckingham. 

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis, 8 September 2022. Ratu menghembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun. (tim redaksi)


#ratuinggris
#ratuelizabethII
#meninggal
#skotlandia
#pangeranphilip
#kastilbalmoral

Tidak ada komentar