Breaking News

Bebas Sanksi Denda, Warga Jakarta Bisa Ikut Program Pemutihan Pajak Kendaraan hingga 15 Desember 2022

STNK. Foto: Ilustrasi/ Dok.NTMC Polri

WELFARE.id-Pemutihan pajak kendaraan digelar di Jakarta. Buat kamu yang masih menunggak pajak kendaraan, sebaiknya pakai kesempatan ini untuk menghindari denda keterlambatan.

Akun Instagram @samsatdigital, mengumumkan, bahwa sejak 15 September hingga 15 Desember ada program pembebasan denda bagi para pemilik kendaraan bermotor yang terlambat membayar pajak. "Berlaku mulai tanggal 15 September 2022 hingga 15 Desember 2022,” tulis pengelola akun, dikutip Jumat (16/9/2022).

Namun, ada satu syarat untuk bisa mendapatkan kemudahan tersebut, yakni proses pembayaran pajak kendaraan bermotor atau PKB dilakukan melalui aplikasi Samsat Digital Nasional atau biasa disingkat Signal. Diskon yang diberikan meliputi pembebasan denda pajak kendaraan bermotor, serta penghapusan denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBNKB.

Sebagai informasi, Signal adalah sebuah aplikasi yang hadir sebagai pengganti Samsat Online Nasional atau Samolnas. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memperbaiki beberapa kekurangan serta kesalahan yang ada di aplikasi sebelumnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka pemilik kendaraan bisa tetap menunaikan kewajiban mereka membayar pajak meski di hari libur atau tanggal merah. Berdasarkan pantauan di lapangan, pada hari pertama, Kamis (15/9/2022) kemarin, penerapan penghapusan sanksi di Kantor Pelayanan Bersama Samsat Jakarta Utara dan Jakarta Pusat masih terlihat sepi pengunjung.

Tidak terlihat adanya antrean panjang di lokasi loket pelayanan. Nahkan sejumlah masyarakat mengaku belum mengetahui kebijakan pemutihan pajak tersebut.

Kepala Unit Samsat Jakarta Utara dan Pusat Wigat Prasetyo menuturkan, masyarakat belum seluruhnya mengetahui kebijakan penghapusan sanksi administrasi pajak ini.  "Memanfaatkan iya, tapi biasanya kalau hari pertama (masih sepi) karena mungkin infonya belum sampai ke masyarakat biasanya seminggu setelahnya baru," kata dia.

Adanya penghapusan sanksi administrasi pajak ini, menurut Wigat berdasarkan SK Kepala Badan Pendapatan Daerah Nomor 1588 Tahun 2022. "Yang dihapus sanksi yang dimaksud denda pajak atau denda BBNKG (Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor) yang dibayar dari mulai 15 September-15 Desember 2022," tutupnya. (tim redaksi)

#pemutihanpajakkendaraan
#penghapusandendaadministratif
#dkijakarta
#pajakkendaraanbermotor
#samsatdigitalnasional
#penghapusandendabaliknama

Tidak ada komentar