Breaking News

Batasi Konsumsi, 3 Jenis Ikan Air Tawar Ini Tinggi Kolesterol

Menu ikan bawal bakar. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kamu penikmat menu ikan? Jika iya, kamu wajib tahu, bahwa tidak semua ikan itu sehat untuk dikonsumsi berlebih.

Paling tidak, ada tiga jenis ikan air tawar yang memiliki kadar kolesterol paling tinggi. Namun, meski kandungan kolesterol pada ikan air tawar ini rata-rata masih lebih rendah ketimbang air laut, namun untuk tiga jenis ini konsumsinya perlu dibatasi.

Melansir laman Healthline, Jumat (23/9/2022), National Institutes of Health merekomendasikan bahwa kadar kolesterol yang baik dalam tubuh adalah kurang dari 200 mg/dL. Jika terdapat makanan dengan kadar kolesterol mendekati atau melebihi kadar tersebut, maka sebaiknya dihindari.

Karena bisa memicu timbulnya berbagai penyakit karena kolesterol tinggi. Berikut tiga ikan air tawar dengan kadar kolesterol paling tinggi:

1. Ikan Bawal

Ikan tawar pertama yang memiliki kadar kolesterol paling tinggi dibanding yang lain adalah bawal. Meskipun sangat populer sebagai lauk pauk di Indonesia, kadar konsumsi ikan ini perlu dibatasi dan sebaiknya pengolahannya dibatasi tanpa minyak.

Ikan bawal memiliki kadar kolesterol sebesar 94 mg per 100 gram bahan mentah berdasar jurnal bertajuk "Kandungan Kolesterol dalam Berbagai Bahan Makanan Hewani" oleh Muhamad Saidin. Meski begitu, ikan ini masih memiliki kandungan baik seperti omega 3, vitamin A, vitamin B12, vitamin D3 Potasium, dan tinggi akan DHA.

2. Ikan Lele

Mungkin ikan air tawar ini mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun bagi penderita kolesterol tinggi sebaiknya membatasi atau bahkan menghindari konsumsi ikan berkumis ini.

Menurut jurnal bertajuk "Kandungan Kolesterol dalam Berbagai Bahan Makanan Hewani", ikan lele lokal memiliki kadar kolesterol sebesar 94 mg per 100 gram bahan mentah. Sementara untuk lele dumbo memiliki kadar yang lebih rendah yaitu sekitar 83 mg per 100 gram bahan mentah. 

Hal ini juga didukung oleh pernyataan Dr Arikawe Adeolu yang mengatakan, bahwa lele mengandung kolesterol yang sangat tinggi.

3. Ikan Nila

Sama seperti ikan lele, ikan jenis satu ini juga menjadi favorit beberapa masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit orang yang mulai membudidayakan ikan ini.

Ikan nila memiliki kandungan kolesterol sebesar 90 mg per 100 gram bahan mentah. Karena itu ikan ini perlu dihindari oleh penderita kolesterol. 

Meskipun memiliki kandungan lain seperti kalori, protein rendah lemak dan sejumlah vitamin. Sebaiknya ikan nila dikonsumsi dengan dipepes dan dibakar, tanpa perlu menambahkan minyak saat proses pengolahan. (tim redaksi)

#ikanairtawar
#ikannila
#ikanbawal
#ikanlele
#kolesteroltinggi
#batasikonsumsi
#menuikan
#ikanbakar

Tidak ada komentar