Breaking News

Bantai Hong Kong 1-5, Skuad Garuda Muda Fokus Hadapi Vietnam di Laga Pamungkas Kualifikasi Piala Asia U-20

Selebrasi skuad Garuda Muda saat berhasil menjebol gawang Hong Kong di babak kualifikasi grup Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022) malam. Foto: Istimewa/ PSSI

WELFARE.id-Tim nasional (Timnas) Indonesia bermain cepat dan on point dalam laga kualifikasi grup Piala Asia U-20 2023 saat melawan Hong Kong di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022) malam. Hasilnya, skuad Garuda Muda membantai Hong Kong, dengan skor 5-1.

Pelatih Hong Kong Cheung Kin Fung pun mengakui, permainan Garuda Muda sangatlah cepat. Timnas Hong Kong U-20 takluk dengan skor 1-5 dalam pertandingan kedua kualifikasi Piala Asia U-2023.

Skor yang sama yang didapat Hong Kong saat berhadapan dengan Timnas Vietnam di laga sebelumnya. Lima gol untuk Timnas Indonesia U-20 masing-masing dicatatkan oleh Rabbani Tasnim (9’), Alfriyanto Nico (21’), Zanadin Fariz (42’), dan Marselino Ferdinan (85’ dan 89’). Sedangkan, satu gol balasan Hong Kong U-19 dicetak oleh Chen Ngo Hin (63’ (P)).

Usai pertandingan, Cheung memuji permainan yang ditampilkan oleh pasukan Shin Tae Yong. Ia berpendapat, Timnas Indonesia U-20 bermain sangat cepat dan sulit dibendung sejak awal pertandingan di babak pertama.

"Pertandingan melawan Indonesia, lawannya sangat kuat dan mereka sangat terampil secara individu. Tim sangat cepat, ini adalah awal yang sangat berbeda saat melawan Vietnam,” ujar Cheung dalam konferensi pers usai laga, dikutip Sabtu (17/9/2022).

Kendati menelan kekalahan, ia mengaku tak terlalu kecewa. Sebab menurutnya, Timnas Hong Kong U-20 memetik banyak pelajaran berharga dari pertandingan kontra Garuda Muda.

"Tim (Hong Kong U-20) belajar banyak tentang permainan ini. Dan ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi tim untuk maju dalam pengembangan ke depan,” ucapnya ksatria.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-20 sendiri berhasil melewati dua laga awal dengan baik di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Mereka berhasil menang atas Timor Leste U-20 dengan skor telak 4-0 dan Hong Kong U-20 5-1.

Persiapan hadapi Vietnam

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong lebih bersemangat membahas kans kemenangan Indonesia vs Vietnam, Minggu (18/9/2022). Timnas U-20 Indonesia akan menghadapi Vietnam pada partai pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Duel Indonesia vs Vietnam bakal berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Minggu (18/9/2022) malam WIB. Kemenangan Indonesia atas Vietnam menjadi harga mati yang harus dicapai Shin Tae Yong dan pasukannya.

Tambahan tiga poin akan menyegel posisi puncak Grup F sekaligus memastikan Garuda lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Sebagai informasi, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 menyediakan 15 tiket lolos ke putaran final di Uzbekistan tahun depan.

Hanya juara masing-masing grup dan lima runner-up terbaik yang akan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Laga melawan Vietnam diprediksi tidak mudah karena "The Golden Star" juga memiliki peluang yang sama.

Selain mengantongi poin sama, Vietnam bahkan memiliki kesamaan dalam hal selisih gol, yakni mencetak 9 gol dan kebobolan satu kali. Meski begitu, Shin Tae Yong optimistis Timnas U-20 Indonesia mampu mendulang hasil maksimal.

Apalagi, juru taktik asal Korea Selatan ini termotivasi mengusung misi balas dendam atas insiden di Piala AFF U-19 2022 lalu. Guna menumbangkan Vietnam, dirinya telah menganalisa kekuatan tim besutan Dinh The Nam tersebut.

Kekuatan ini nantinya akan dibedah dan dipelajari Marselino Ferdinan dkk agar Vietnam tidak leluasa memanfaatkannya. "Vietnam itu berbeda dengan Timor Leste dan Hong Kong, mulai dari kualitas passing dan mobilitasnya berbeda jauh," jelas Shin.

"Jadi kami harus mempersiapkan dengan baik agar kita bisa menang. Kami pastinya akan berusaha lebih agar lolos," tegasnya. (tim redaksi)

#timnasu20indonesia
#menanglawanhongkong
#shintaeyong
#kualifikasipialaasiau202023
#persiapanhadapivietnam
#skuadgarudamuda

Tidak ada komentar