Breaking News

Bacuya, Maskot Piala Dunia U20 2023 Indonesia Resmi Diperkenalkan

Maskot Piala Dunia U20 (instagram) 

WELFARE.id-Maskot Piala Dunia U20 2023 Indonesia resmi dirilis pada Minggu (18/9/2022) pagi WIB. Adapun Piala Dunia U20 2023 bakal diselenggarakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang. 

Kepastian peresmian maskot tersebut diketahui melalui media sosial resmi FIFA selaku operator Piala Dunia U20 2023. FIFA mengumumkan kabar itu dengan menampilkan sebuah tayangan video maskot Piala Dunia U20 2023 yang bernama Bacuya. 

Bacuya terinspirasi dari hewan khas Indonesia yakni, Badak Jawa, yang populasinya sudah terancam punah. "Perkenalkan Bacuya, Badak Jawa dan maskot (Piala Dunia) 2023 #U20WC Indonesia,” demikian pernyataan resmi FIFA. 

Dalam video rilisan FIFA, kulit bacuya berwarna ungu. Ia tampak mengenakan baju berwarna merah dengan di bagian dada ada tulisan “Indonesia”. 

Selain itu, Bacuya juga mengenakan celana berwarna putih. Tepat di kaki sebelah kanan, terdapat nomor 23, yang menandakan tahun penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia. 

Adapun sebelumnya FIFA juga sudah meluncurkan emblem atau logo Piala Dunia 2023 Indonesia, Rabu (17/8/2022) sore WIB. 

Logo tersebut berbentuk trofi Piala Dunia dengan globe di atasnya. Globe tersebut didominasi warna merah ditambah dengan beberapa corak putih, biru laut, dan hijau. 

Warna merah-putih mewakili bendera Indonesia. Kemudian, biru laut merepresentasikan lautan yang identik dengan tanah air. 

Adapun warna hijau tak lepas dari pesona alam di Indonesia. Di tengah globe, ada segilima yang mengusung makna gelaran Piala Dunia dibuat untuk lima benua di muka bumi. 

Kemudian, tipografi ekor di huruf "A" pada kata Indonesia terinspirasi dari bentuk aksara Jawa 

Secara menyeluruh, makna logo Piala Dunia U20 2023 ingin menyampaikan semangat, warna, keragaman, dan aura perayaan dari sebuah kompetisi di jantung Asia Tenggara. 

"Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini," ujar Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza. (tim redaksi

#fifa
#maskotworldcupu202023
#worldcupu202023
#worldcupu20indonesia
#bacuya
#badakjawa

Tidak ada komentar