Breaking News

Aturan Wajib Masker dan Vaksin Dihapus, Saatnya Liburan ke Selandia Baru!

Wisata alam di Selandia Baru. Foto: Istimewa/ Dok. Apurba Barman

WELFARE.id-Jika kamu punya rencana untuk plesiran dalam waktu dekat, Selandia Baru bisa jadi pilihan. Pasalnya, pemerintah Selandia Baru telah resmi menghapus seluruh aturan pembatasan COVID-19 mulai Senin (12/9/2022). 

Negara kepulauan yang terletak di barat daya Samudera Pasifik itu untuk pertama kali kembali ke dalam situasi normal sejak pandemi COVID-19 melanda. Ini artinya, masyarakat di sana tidak lagi wajib memakai masker di supermarket, toko, bus, atau pesawat. 

Bahkan, pemberian vaksin dari petugas kesehatan akan berakhir. Wisatawan yang mengunjungi negara itu juga tidak lagi diwajibkan vaksinasi. 

Pemerintah setempat mengumumkan bahwa mereka telah menghapus segala aturan dan pembatasan terkait COVID-19. Mereka kini hanya memberlakukan dua aturan utama.

Pertama, bagi mereka yang positif COVID-19 saat melakukan tes, akan diwajibkan melakukan isolasi mandiri selama tujuh hari. Kedua, orang-orang tetap wajib memakai masker ketika mengunjungi fasilitas perawatan kesehatan seperti rumah sakit dan panti jompo. 

Perubahan aturan tersebut dilakukan mengingat wabah varian Omicron di Selandia Baru telah berkurang dan musim dingin di wilayah selatan sudah berakhir. Tercatat, jumlah kasus COVID-19 di Selandia Baru berada pada titik terendah sejak Februari 2022. 

"Perubahan yang kami buat hari ini sangat signifikan. Menandai tonggak sejarah dalam keputusan kami,” kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, melansir Abcnews, Selasa (13/9/2022). 

Dia menambahkan, daripada terus mengkhawatirkan soal Covid, sebaiknya kita mencoba menatap masa depan. "Ini adalah saatnya. Ini hidup kita dan masa depan kita. Saatnya kita mengambil kendali kembali,” ajaknya.

Ardern menyebut, perubahan aturan ini akan membantu mendorong aktivitas bisnis, yang menurutnya sangat penting untuk pemulihan ekonomi di negara tersebut. "Ini akan menjadi musim panas pertama dalam tiga tahun ketika tidak ada lagi pertanyaan: bagaimana jika?" kata Ardern. 

Meski begitu, berakhirnya pembatasan dari pemerintah tidak lantas membuat beberapa perkantoran atau pusat perbelanjaan di sana melonggarkan aturan mereka sendiri. Namun, pemerintah setempat memperkirakan penggunaan masker akan segera menurun. (tim redaksi)

#wajibmaskerdihapus
#selandiabaru
#wisataselandiabaru
#wisatawantakperludivaksin
#melonggarkanaturanbagiwisatawan
#aturanbarucovid19

Tidak ada komentar