Breaking News

Anies Baswedan Nyatakan Siap Nyapres 2024, Partai Nasdem: Salah Satu Kandidat!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Foto: net 

WELFARE.id-Pernyataan siap maju sebagai Calon Presiden (Capres) pada Pemilu 2024 meski bukan kader partai dilontarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Reuters saat menerima penghargaan dari Pemerintah Singapura. 

Kontan pernyataan Anies kepada media asing itu membuat memantik sejumlah komentar di Tanah Air. Salah satunya, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem Ahmad Ali.

Dia menilai ada keberanian dan kejujuran di balik pernyataan Anies Baswedan yang menyatakan siap maju sebagai Capres dalam Pemilu 2024 mendatang. Ali meyakini Anies benar-benar siap mencalonkan diri. 

Apalagi, katanya juga, mantan Menteri Pendidikan itu memiliki hak sebagai warga negara untuk maju sebagai Capres. "Pernyataan Anies ini menjadi menarik karena ada keberanian, kejujuran dari Anies bahwa dia siap untuk maju," paparnya, Sabtu (17/9/2022). 

Untuk diketahui, nama Anies Baswedan memang menjadi satu dari tiga nama yang kerap muncul dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem untuk menjadi bakal Capres Pemilu 2024.

Ali menyebut Anies menjadi menarik lantaran mantan Rektor Universitas Paramadina itu seorang profesional, bukan kader partai politik. Apalagi, jajaran Partai Nasdem di kewilayahan menilai Anies layak memimpin Indonesia.

"Tentunya pernyataan Anies yang kemarin itu menjadi jawaban atas keputusan Rakernas Partai Nasdem yang sudah kita laksanakan," cetusnya juga. 

Meski begitu, Ali menekankan kalau Partai Nasdem belum menentukan siapa Capres yang akan diusung untuk Pilpres 2024. Pasalnya, Nasdem memiliki tiga nama bakal capres selain Anies, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Meski kami belum putuskan nama tapi Anies menjadi salah satu dari tiga nama yang intens didiskusikan," cetusnya juga. 

Untuk diketahui, sebelumnya Anies Baswedan menyampaikan dirinya siap untuk maju sebagai Presiden RI pada Pemilu 2024, meskipun belum mengamankan tiket dari partai politik mana pun. 

"Saya siap maju sebagai presiden seandainya ada partai politik mencalonkan," kata Anies kepada Reuters dalam wawancara di Singapura, Jumat (16/9/2022). (tim redaksi)


#capres
#pemilu2024
#aniesbaswedan
#gubernurdkijakarta
#penghargaan
#pemerintahsingapura
#partainasdem

Tidak ada komentar