Breaking News

15 Ribu Perawat AS Mogok Kerja 3 Hari, RS Swasta Kelimpungan

Perawat. Foto: Ilustrasi/ Reuters

WELFARE.id-Aksi mogok kerja perawat di Amerika Serikat (AS) dimulai, Senin (12/9/2022) waktu setempat. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 15 ribu tenaga kesehatan di rumah sakit swasta di wilayah Minnesota dan Wisconsin mogok kerja.

Mogok kerja itu terkait tuntutan iklim kerja yang lebih kondusif dan upah yang lebih tinggi. Melansir AFP, Rabu (14/9/2022), mogok kerja di AS kerap terjadi selama setahun terakhir. 

Para karyawan dilaporkan kelelahan karena bekerja selama pandemi COVID-19 dan harus berjuang menghadapi kenaikan harga-harga. Menurut juru bicara Asosiasi Perawat Minnesota (Minnesota Nurses Association) atau MNA yang mengoordinasikan aksi mogok tersebut, aktivitas itu bakal berlangsung tiga hari dan berlangsung, Kamis (15/9/2022) pagi.

Foto-foto serikat pekerja yang diposting online menunjukkan para perawat berkumpul dalam kelompok-kelompok pada pagi hari untuk memprotes di luar beberapa dari 16 rumah sakit yang terkena dampak mogok. Rumah sakit telah merencanakan untuk terus memberikan perawatan, meskipun dengan kemungkinan gangguan.

Pihak rumah sakit North Memorial Health Hospital di Robbinsdale, Minnesota mengatakan, pihaknya akan melakukan penyesuaian pada perawatan dan layanan nondarurat untuk memastikan staf tetap memadai dan aman selama periode pemogokan. Tetapi rumah sakit tersebut menekankan akan terus menawarkan "layanan lengkap" termasuk rawat inap, rawat jalan, dan perawatan darurat.

Mereka hanya akan melayani pelanggan untuk janji temu yang dijadwalkan sebelumnya. Pihak MNA dan rumah sakit telah bernegosiasi selama lebih dari lima bulan, tanpa mencapai kesepakatan.

"Saat ini di Minnesota, perawat terlalu banyak bekerja, rumah sakit kekurangan staf, dan pasien ditagih berlebihan,” kata MNA dalam sebuah pernyataan. Serikat pekerja menambahkan, sedang mencari solusi untuk kekurangan staf dan masalah keselamatan kerja. 

Sementara rumah sakit hanya ingin fokus pada gaji. Sebuah kelompok yang mewakili rumah sakit menambahkan, telah mengusulkan kenaikan upah 10-12 persen dalam tiga tahun. Para perawat meminta kenaikan gaji di kisaran 27-30 persen. (tim redaksi)

#mogokkerjaperawatas
#amerikaserikat
#rumahsakitswasta
#tenagakesehatan
#tuntutankenaikankerja
#demoperawat

Tidak ada komentar