Breaking News

12 Rumah Terdampak Tebing Longsor di Purwokerto, Tewaskan Nenek Berusia 80 Tahun

Longsor. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sebanyak 12 rumah terdampak longsor akibat tebing ambrol tergerus banjir Sungai Pelus, Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. "Perhitungan kami kemarin ada 12 rumah yang terdampak," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Budi Nugroho kepada wartawan, Selasa (12/9/2022).

Budi mengatakan, tujuh rumah di antaranya telah direlokasi ke Desa/Kecamatan Cilongok, sejak beberapa waktu lalu. Namun hanya satu kepala keluarga (KK) yang bertahan di tempat relokasi.

"Memang hilir mudik, enam KK hari ini harus kembali ke Cilongok. Lima lainnya untuk sementara akan kami ungsikan ke Wisma Kencana Arcawinangun," imbuhnya.

Menurut Budi, selama ini warga di bawah tebing yang longsor telah diedukasi untuk mengosongkan rumah, namun belum sepenuhnya dijalankan. Untuk itu, ia mengingatkan kepada warga yang telah direlokasi untuk segera mengosongkan rumahnya.

"Ini longsor yang ketiga kalinya. Peristiwa pertama akhir Desember 2020, kemudian kedua akhir Desember 2021 dan terakhir kemarin malam," ujar Budi.

Diberitakan sebelumnya, tebing Sungai Pelus di Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, longsor tergerus banjir, Senin (19/9/2022) malam. Akibatnya, satu rumah milik Sabar yang berada di atas tebing terbawa longsor. 

Akibat peristiwa longsor itu, satu korban jiwa sudah berhasil dievakuasi. Seorang nenek, Susilowati, 80 tahun, berhasil dievakuasi dan diberikan kepada pihak keluarga. (tim redaksi)

#longsordipurwokerto
#peristiwalongsor
#jateng
#korbanjiwa
#rumahterdampak

Tidak ada komentar