Breaking News

116 Kios dan 21 Toko di Pasar Lettu Bakri Sukabumi Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Miliaran Rupiah

Kebakaran. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sejumlah kios di Pasar Lettu Bakri, Kota Sukabumi, Jawa Barat ludes terbakar, Sabtu (3/9/2022). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat, sebanyak 116 kios dan 21 toko habis dilalap si jago merah.

"Tidak ada korban jiwa pada saat kebakaran terjadi sekitar pukul 18.30 WIB tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardani, dikutip Selasa (6/9/2022). Namun, menurut Imran hingga saat ini belum diketahui total kerugian yang dialami pedagang akibat bencana kebakaran itu. 

Tetapi dilihat dari banyaknya kios dan lapak yang terbakar, bahkan beberapa di antaranya pedagang tidak berhasil menyelamatkan barang dagangannya, diperkirakan kerugiannya bisa mencapai lebih dari satu miliar rupiah. 

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dan meminta keterangan dari sejumlah saksi terkait awal mula kebakaran yang terjadi di Jalan Lettu Bakri, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong tersebut.

Menurut dia, pada kebakaran itu api dengan cepat menjalar dari satu bangunan ke bangunan lainnya. Apalagi, rangka kios kebanyakan terbuat dari kayu, sehingga api dengan mudah menjalar ke sejumlah kios lainnya.

Enam unit mobil damkar dari Kota Sukabumi dan tiga unit lainnya merupakan bantuan dari Kabupaten Sukabumi baru berhasil memadamkan api sekitar dua jam 10 menit. Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi langsung meninjau penanganan kebakaran di Pasar Lettu Bakri. 

Ia meminta agar aparat kepolisian turut menyelidiki kasus kebakaran di Pasar Lettu Bakri. "Belum (penyebab kebakaran). Pihak keamanan nanti yang bisa lebih tepat menyimpulkannya. Yang terdampak juga belum (diinventarisir), kita fokus ke penanganan dulu," tutupnya.

Salah satu warga, Eli (45) menyebut, api muncul dari bagian dalam Pasar Lettu Bakri. Mulanya api membakar lapak sebelah kiri kemudian api terbawa angin hingga merembet ke toko dan lapak lain.

"Saya lagi ngobrol. Jam 18.30 WIB api sudah ke atas. Kena angin langsung nyamber, pas lihat sudah gede. Nggak lama langsung datang Damkar, sekitar seperempat jam, tapi yang jelas apinya udah gede," terangnya. (tim redaksi)

#pasarlettubakrisukabumikebakaran
#peristiwakebakaran
#pasarlettubakrisukabumi
#ratusakkiosterbakar
#damkarsukabumi
#walikotasukabumi
#achmadfahmi

Tidak ada komentar