Breaking News

Waspada! Suplemen Ini Tak Disarankan untuk Usia 50 Tahun Lebih

Ilustrasi mengkonsumsi suplemen. Foto: net

WELFARE.id-Suplemen memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk ketika usia beranjak tua. Tetapi, suplemen tidak seefektif makanan dalam hal kandungan vitamin dan mineral. 

Karena itu, beberapa bisa berbahaya ketika dikonsumsi oleh orang yang usia sudah di atas 50 tahun. Rachel Berman, Direktur Nutrisi Calorie Count menyebutkan lima suplemen yang tidak boleh dikonsumsi setelah usia 50 tahun. Yakni: 

1. Asam folat 
Sebuah studi dari Universitas California Davis menunjukkan terlalu banyak asam folat dapat memperburuk komplikasi yang berkaitan dengan kekurangan vitamin B12, yang dapat mengakibatkan kondisi kesehatan yang berbahaya seperti anemia dan kerusakan saraf. Kadar asam folat yang lebih tinggi dapat memicu ketidakseimbangan metabolisme yang mengarah pada defisiensi vitamin B12 yang lebih serius.

2. Terapi hormon 
Terapi hormon seperti HGH (hormon pertumbuhan manusia) bisa berbahaya, para ahli memperingatkan. Penelitian menunjukkan peningkatan kadar HGH dengan obat-obatan membuat orang rentan terhadap penyakit jantung, diabetes, dan kanker.


3. Suplemen antipenuaan 
Suplemen antipenuaan belum terbukti manjur dan bisa berbahaya untuk sebagian orang, termasuk yang sudah berusia di atas 50 tahun.

4. Vitamin E 
Vitamin E adalah suplemen kesehatan otak tetapi terlalu banyak bisa berbahaya. Suplemen vitamin E dosis tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian. Sebaiknya dapatkan vitamin E dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau tua.

5. Suplemen peningkat seksual 
Produk peningkatan seksual yang dijual bebas harus dihindari karena bisa membahayakan kesehatan, terutama kondisi jantung. (tim redaksi)



#kesehatan
#suplemenkesehatan
#suplementerlarang
#usia50tahun
#direkturnutrisicaloriecount
#rachelberman

Tidak ada komentar